Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih (Studi Eksperimen di MA Al-Hidayah Ciomas).

Fauziah, Siti Nurul (2025) Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih (Studi Eksperimen di MA Al-Hidayah Ciomas). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PAI_201210077_COVER.pdf

Download (221kB)
[img] Teks
S_PAI_201210077_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (475kB)
[img] Teks
S_PAI_201210077_BAB I.pdf

Download (247kB)
[img] Teks
S_PAI_201210077_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (545kB)
[img] Teks
S_PAI_201210077_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (529kB)
[img] Teks
S_PAI_201210077_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (431kB)
[img] Teks
S_PAI_201210077_BAB V.pdf

Download (91kB)
[img] Teks
S_PAI_201210077_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (231kB)

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pembelajaran Fiqih pada kelas kontrol dan kelas eksperimen, untuk mengetahui hasil belajar Fiqih pada kelas kontrol dan kelas eksperimen, untuk mengetahui efektivitas peningkatan hasil belajar peserta didik pada kelas kontrol dan kelas eksperimen di kelas XI MA Al-Hidayah. Manfaat penelitian ini yaitu memberikan gambaran terkait model pembelajaran flipped classroom dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Desain penelitian yang digunakan yaitu Nonequivalent Control Group Design, dimana terdapat dua kelas yaitu kelas kontrol dan eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih antara siswa yang menggunakan model pembelajaran flipped classroom dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Rata-rata hasil belajar kelas eksperimen sebesar 67,50 dan kontrol sebesar 52,05. Hasil uji Independent Samples Test menunjukkan nilai sig. (2-tailed) data hasil post test dari kedua kelas berada di bawah 0,05, yaitu sebesar 0,001 artinya terdapat perbedaan rata-rata post test antara kelas eksperimen dan kontrol.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Model Pembelajaran, Flipped Classroom, Hasil Belajar
Subjek: 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Dasar Pendidikan > 372.21 Pendidikan Pra Sekolah
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.E. Amelia Nurazizah Wijaya
Tanggal Disetorkan: 03 Feb 2025 04:32
Perubahan Terakhir: 03 Feb 2025 04:32
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16231

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.