Kontribusi Lingkungan Ramah Anak Dalam Membangun Pembiasaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di PAUD Bina Bangsa Islamic School Kota Serang Provinsi Banten.

Aisy, Rohadatul (2025) Kontribusi Lingkungan Ramah Anak Dalam Membangun Pembiasaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di PAUD Bina Bangsa Islamic School Kota Serang Provinsi Banten. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PIAUD_191260046_COVER.pdf

Download (154kB)
[img] Teks
S_PIAUD_191260046_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_PIAUD_191260046_BAB 1.pdf

Download (360kB)
[img] Teks
S_PIAUD_191260046_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (652kB)
[img] Teks
S_PIAUD_191260046_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (400kB)
[img] Teks
S_PIAUD_191260046_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (418kB)
[img] Teks
S_PIAUD_191260046_BAB V.pdf

Download (190kB)
[img] Teks
S_PIAUD_191260046_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (410kB)

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pelaksanaan lingkungan ramah anak dalam pembiasaan hidup bersih dan sehat di PAUD Bina Bangsa Islamic School Kota Serang Provinsi Banten dan mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat lingkungan ramah anak untuk membangun pembiasaan hidup bersih dan sehat PAUD Bina Bangsa Islamic School Kota Serang Provinsi Banten. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi data sebagai teknik pengumpulan data. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah kepala sekolah, pendidik, wali murid, dan peserta didik usia 5-6 tahun. Hasil penelitian peneliti yaitu: 1)pelaksanaan sekolah ramah anak di PAUD Bina Bangsa Islamic School yaitu adanya kebijakan anti diskriminasi, sarana kelas yang nyaman dan aman, buku-buku bertema ramah anak, media informasi tentang sekolah ramah anak, penegakan aturan disiplin dengan cara positif, serta keterlibatan peserta didik di kelas maupun kegiatan ekstrakuliker yang menyesuaikan bakat dan minat anak. 2)Pelaksanaan PHBS di PAUD Bina Bangsa Islamic School diantaranya program makan sehat setiap hari, konsumsi madu setiap hari, fasilitas cuci tangan di area depan kelas dan mencuci tangan dengan sabun, toilet terpisah antara laki-laki dan perempuan, menimbang berat badan dan mengukur berat badan, 3)Faktor pendukung pelaksanaan lingkungan ramah anak dalam PHBS di PAUD Bina Bangsa Islamic School adalah kedisiplinan pelaksaaan program yang dilakukan oleh kepala sekolah dan pendidik, anak terfasilitasi mampu hidup terampil, sehat, dan kuat karena aktivitas di sekolah dengan kegiatan ekstrakuliker, sarana dan prasarana yang lengkap dan keterlibatan orangtua dirumah. Faktor penghambat pelaksanaan lingkungan ramah anak dalam PHBS di PAUD Bina Bangsa Islamic School adalah kurangnya kesadaran orang tua dalam memilih bekal untuk anak yang diantaranya makanan yang mengandung zat-zat perasa yang berlebihan dan membawa makanan yang salah satunya sudah berubah tekstur atau lembek dan tidak garing. Dan terdapat rumpu sintesis di depan area sekolah sebagai bentuk perlindungan yang belum terpasang.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): lingkungan ramah anak, perilaku hidup bersih dan sehat, PAUD
Subjek: 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
User Penyetor: S.E. Amelia Nurazizah Wijaya
Tanggal Disetorkan: 03 Feb 2025 03:31
Perubahan Terakhir: 03 Feb 2025 03:31
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16228

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.