Muqni'in, Nida Risydatul (2025) Implementasi Metode Cerita Islami Dalam Penanaman Moral Anak Usia Dini Di Tk Plus Al-Muawwanah Ciwedus Cilegon. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
![]() |
Teks
S_PIAUD_201260054_COVER.pdf Download (395kB) |
![]() |
Teks
S_PIAUD_201260054_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Teks
S_PIAUD_201260054_BAB I.pdf Download (593kB) |
![]() |
Teks
S_PIAUD_201260054_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (488kB) |
![]() |
Teks
S_PIAUD_201260054_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (334kB) |
![]() |
Teks
S_PIAUD_201260054_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (375kB) |
![]() |
Teks
S_PIAUD_201260054_BAB V.pdf Download (250kB) |
![]() |
Teks
S_PIAUD_201260054_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sikap moral anak usia dini di TK Plus Al-Muawwanah Ciwedus Cilegon, untuk mengetahui implementasi metode islami dalam penanaman moral anak usia dini di TK Plus Al-Muawwanah Ciwedus Cilegon, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam menanamkan moral di TK Plus Al-Muawwanah Ciwedus Cilegon. Penelitian ini dilakukan di TK Plus Al-Muawwanah Ciwedus Cilegon. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Objek penelitian ini adalah guru dan peserta didik. Teknik analisis data dalam penelitian ini ada beberapa tahapan, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa 1). sikap moral anak usia dini di Tk Plus Al-Muawwanah Ciwedus Cilegon ini sebelum adanya penerapan metode cerita islami sikap moral anak dapat dibilang tidak baik, tetapi setelah diterapkannya metode cerita islami sikap moral anak menjadi lebih baik dari sebelumnya, 2). implementasi metode cerita islami dalam penanaman moral anak usia dini di Tk Plus Al-Muawwanah Ciwedus Cilegon ini diterapkan seminggu sekali akan tetapi di diterapkan juga pada jam pembelajaran yang kosong atau jam pembelajaran yang masih tersisa dan menggunakan media pembelajaran, 3). faktor pendukung adanya Kerjasama antar guru, media pembelajaran yang memadai, dan pendidik yang sudah mempunyai pengalaman mengajar da faktor penghambatnya yaitu, pengaruh gadget pada peserta didi, dan anak yang hiperaktif.. Dalam implementasi metode cerita islami di Tk Plus Al-Muawwanah Ciwedus Cilegon ini efektif dilakukan dalam penanaman moral anak usia dini.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Implementasi Metode Cerita Islami, Penanaman Moral, Anak Usia Dini. |
Subjek: | 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
User Penyetor: | S.E. Amelia Nurazizah Wijaya |
Tanggal Disetorkan: | 31 Jan 2025 08:58 |
Perubahan Terakhir: | 31 Jan 2025 08:58 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16217 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |