Pengembangan Media Interaktif Berbasis Open Ended Menggunakan Aplikasi Articulate Storyline Untuk Materi Pecahan.

Sintami, Sintami (2025) Pengembangan Media Interaktif Berbasis Open Ended Menggunakan Aplikasi Articulate Storyline Untuk Materi Pecahan. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PGMI_191240079_COVER.pdf

Download (51kB)
[img] Teks
S_PGMI_191240079_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (554kB)
[img] Teks
S_PGMI_191240079_BAB I.pdf

Download (210kB)
[img] Teks
S_PGMI_191240079_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (387kB)
[img] Teks
S_PGMI_191240079_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (305kB)
[img] Teks
S_PGMI_191240079_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img] Teks
S_PGMI_191240079_BAB V.pdf

Download (39kB)
[img] Teks
S_PGMI_191240079_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (223kB)

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media interaktif berbasis open ended menggunakan Aplikasi Articulate Storyline, dan mengukur keefektifan media interaktif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas V. Jenis Penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) model ADDIE dengan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Instrumen yang digunakan adalah lembar wawancara, angket respon siswa, lembar validasi oleh validator, serta soal pretest-posttest. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis kualitatif dan kuantitatif. Pengujian validitas dilakukan oleh ahli pembelajaran matematika dan praktisi pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Langkah-langkah dalam mengembangkan media interaktif meliputi Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Berdasarkan lima tahap tersebut diperoleh data bahwa media interaktif yang dikembangkan layak digunakan sebagai pendukung pembelajaran matematika. 2) Keefektifan media interaktif diperoleh berdasarkan pengujian N-gain sebesar 0,72 di mana berada dalam rentang G > 0,7 dalam kategori tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media interaktif yang telah dikembangkan menurut tahapan model ADDIE berada dalam kategori layak, dan media interaktif efektif digunakan bagi siswa kelas V SD/MI untuk mempelajari matematika materi pecahan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Media Interaktif, Open Ended, Articlate Storyline, Materi Pecahan.
Subjek: 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Dasar Pendidikan > 372.21 Pendidikan Pra Sekolah
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.E. Amelia Nurazizah Wijaya
Tanggal Disetorkan: 31 Jan 2025 08:36
Perubahan Terakhir: 31 Jan 2025 08:36
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16212

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.