Pengaruh Metode Tilawati terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Pada Siswa di SMPN 3 Kota Serang

Rahmawati, Windi (2025) Pengaruh Metode Tilawati terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Pada Siswa di SMPN 3 Kota Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PAI_201210001_Cover.pdf

Download (247kB)
[img] Teks
S_PAI_201210001_Lampiran Depan.pdf

Download (562kB)
[img] Teks
S_PAI_201210001_BAB I.pdf

Download (269kB)
[img] Teks
S_PAI_201210001_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (549kB)
[img] Teks
S_PAI_201210001_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (372kB)
[img] Teks
S_PAI_201210001_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (390kB)
[img] Teks
S_PAI_201210001_BAB V.pdf

Download (123kB)
[img] Teks
S_PAI_201210001_Daftar Pustaka.pdf

Download (212kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode tilawati dalam membaca Al-Qur’an di SMPN 3 Kota Serang, untuk mengetahui kemampuan membaca Al-Qur’an pada siswa di SMPN 3 Kota Serang, untuk mengetahui apakah metode tilawati berpengaruh terhadap kemampuan membaca Al-Quran di SMPN 3 Kota Serang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan Pre-Experiment Design sebagai jenisnya. Populasi pada penelitian ini yakni siswa kelas IX dengan jumlah 327 siswa di SMPN 3 Kota Serang. Adapun pada sampel ini Peneliti mengambil sampel sebanyak 10% dari 327 orang dengan menggunakan 1 kelas yang memiliki siswa sebanyak 35 orang dengan ditetapkan penarikan sampel dari kelas IX G. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Proses pelaksanaan Metode tilawati terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an pada siswa di SMPN 3 Kota Serang diawali dengan pembuatan RPP yang berisi proses pembelajaran dengan menerapkan metode tilawati yang dibagi menjadi dua kali pertemuan, 2) Nilai kemampuan membaca Al-Qur’an siswa sebelum menggunakan metode tilawati adalah sebesar 1974, 3) Nilai kemampuan membaca Al-Qur’an sesudah menggunakan metode tilawati mendapatkan nilai rata-rata 92,91% dengan hasil uji t yang telah dilakukan mendapatkan nilai signifikasi (2-tailed) sebesar 0,614 yang berarti lebih besar dari 0.6, dengan demikian dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara data hasil pre test dengan data hasil post test. Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode tilawati terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an pada siswa di SMPN 3 Kota Serang terbukti efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada siswa sebesar 36,51%.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Al-Qur’an, kemampuan membaca, metode tilawati
Subjek: 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 30 Jan 2025 04:44
Perubahan Terakhir: 30 Jan 2025 04:45
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16200

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.