Pengaruh Metode Bermain Peran terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (Studi Eksperimen di SMP Boarding School Ulil Albaab Sukamulya Kab. Tangerang)

Nabilah, Hani (2025) Pengaruh Metode Bermain Peran terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (Studi Eksperimen di SMP Boarding School Ulil Albaab Sukamulya Kab. Tangerang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PAI_201210014_Cover.pdf

Download (270kB)
[img] Teks
S_PAI_201210014_Lampiran Depan.pdf

Download (601kB)
[img] Teks
S_PAI_201210014_BAB I.pdf

Download (249kB)
[img] Teks
S_PAI_201210014_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (498kB)
[img] Teks
S_PAI_201210014_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (292kB)
[img] Teks
S_PAI_201210014_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (421kB)
[img] Teks
S_PAI_201210014_BAB V.pdf

Download (147kB)
[img] Teks
S_PAI_201210014_Daftar Pustaka.pdf

Download (200kB)

Abstrak

Penggunaan metode yang tepat dalam pembelajaran sangat penting untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Metode bermain peran, berdasarkan teori konstruktivisme Piaget dan pembelajaran sosial Vygotsky, efektif karena memungkinkan siswa terlibat langsung dalam situasi nyata, sehingga meningkatkan pemahaman dan penerapan konsep. Dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, metode ini sangat relevan untuk mengajarkan praktik-praktik ibadah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai hasil belajar siswa sebelum menggunakan metode bermain peran dan proses penerapan metode bermain peran, serta nilai hasil belajar siswa setelah menggunakan metode bermain peran di SMP Boarding School Ulil Albaab Sukamulya Kab. Tangerang. Manfaat dari penelitian ini memberikan kontribusi teoretis dalam pengembangan metode pembelajaran pendidikan agama Islam, membantu guru menerapkan metode bermain peran untuk meningkatkan hasil belajar, meningkatkan efektivitas dan semangat belajar siswa, serta mutu dan prestasi sekolah, sekaligus menjadi acuan bagi peneliti selanjutnya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain Pre-Experiment Design dan The One Group Pretest-Posttest Design sebagai jenisnya. Populasinya adalah seluruh kelas VIII di SMP Boarding School Ulil Albaab Sukamulya Kab. Tangerang. Pada penelitian ini tidak ada sampel penelitian karena jumlah populasinya kurang dari 100. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai hasil belajar siswa sebelum menggunakan metode bermain peran adalah 32,07 %. Metode ini diterapkan dalam RPP yang dibagi menjadi dua pertemuan. Pada pertemuan pertama, siswa diberikan tugas, sementara pertemuan kedua difokuskan pada presentasi. Setelah penerapan, nilai rata-rata meningkat menjadi 84,87 % dengan hasil uji t mendapatkan nilai 0,000 lebih kecil dari 0,05 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara pretest dengan posttest. Simpulan dari penelitian ini yaitu penggunaan metode bermain peran pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti materi tata cara sujud syukur, sahwi dan tilawah terbukti efektif untuk meningkatkan hasil belajar sebesar 52,8 %.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): metode bermain peran, hasil belajar, pendidikan agama Islam dan budi pekerti
Subjek: 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 24 Jan 2025 08:17
Perubahan Terakhir: 24 Jan 2025 08:17
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16194

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.