Hubungan Antara Metode Resitasi dengan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di SMP Daarul Yaqiin Kelas IX Serang-Banten

Hidayat, Taufik Rizki (2025) Hubungan Antara Metode Resitasi dengan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di SMP Daarul Yaqiin Kelas IX Serang-Banten. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PAI_161210167_Cover.pdf

Download (91kB)
[img] Teks
S_PAI_161210167_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_PAI_161210167_BAB I.pdf

Download (139kB)
[img] Teks
S_PAI_161210167_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (368kB)
[img] Teks
S_PAI_161210167_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (320kB)
[img] Teks
S_PAI_161210167_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (367kB)
[img] Teks
S_PAI_161210167_BAB V.pdf

Download (43kB)
[img] Teks
S_PAI_161210167_Daftar Pustaka.pdf

Download (161kB)

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara metode resitasi dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di SMP Darul Yaqin, Untuk mengetahui seberapa besar minat belajar siswa dengan menggunakan metode resitasi pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di SMP Daarul Yaqiin, dan Untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara metode resitasi dengan minat belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di SMP Daarul Yaqiin. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dan jenis penelitian ini adalahan deksriptif korelasional. Hubungan antara metode Resitasi dengan minat belajar di SMP Daarul Yaqiin memiliki hubungan positif, namun tergolong kategori hubungan lemah, hal ini terlihat berdasarkan hasil pengujian koefisien korelasi sebesar 0,282 yang berarti korelasi lemah. Sedangkan koefisien determinasi R2 sebesar 0,080 yang mengandung pengertian bahwa hubungan variabel bebas (Resitasi) dengan variabel terikat (Minat Belajar) adalah sebesar 8% sedangkan sisanya sebesar 92% berhubungan dengan variabel lainnya yang tidak diteliti pada penelitian ini. Perolehan pengujian hipotesis yang telah dilakukan diperoleh nilai t hitung sebesar 6,620 dengan taraf signifikansi hasil sebesar 0,047 tersebut lebih kecil dari 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahawa H0 ditolak dan Ha diterima, yang berarti Terdapat hubungan yang signifikan dan efektiv antara metode resitasi dengan minat belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di SMP Daarul Yaqiin.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Metode Resitasi, Minat Belajar, Hubungan Metode Resitasi Dan Minat Belajar
Subjek: 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 24 Jan 2025 07:45
Perubahan Terakhir: 24 Jan 2025 07:45
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16190

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.