Peningkatan Pemahaman Siswa Mengenai Ilmu Tajwid Melalui Metode Ummi (PTK) di Kelas V di Sekolah MI Al-Khaeriyah Karang Anyar Ciruas Kabupaten Serang

Mustafid, Hidayatul (2025) Peningkatan Pemahaman Siswa Mengenai Ilmu Tajwid Melalui Metode Ummi (PTK) di Kelas V di Sekolah MI Al-Khaeriyah Karang Anyar Ciruas Kabupaten Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PAI_191210183_Cover.pdf

Download (118kB)
[img] Teks
S_PAI_191210183_Lampiran Depan.pdf

Download (957kB)
[img] Teks
S_PAI_191210183_BAB I.pdf

Download (237kB)
[img] Teks
S_PAI_191210183_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (425kB)
[img] Teks
S_PAI_191210183_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (301kB)
[img] Teks
S_PAI_191210183_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (610kB)
[img] Teks
S_PAI_191210183_BAB V.pdf

Download (138kB)
[img] Teks
S_PAI_191210183_Daftar Pustaka.pdf

Download (151kB)

Abstrak

Dari hasil pembelajaran Al-Qur’an Hadist tentang pemahaman materi Ilmu Tajwid siswa pada siklus I yang mendapatkan skor >70 terdapat (21 siswa) dari jumlah siswa yang ada. Dan hasilnya yang mendapatkan skor pemahaman Ilmu Tajwid <70 terdapat (8 siswa) dari jumlah siswa yang ada, dan hasinya skor siswa rata-rata dengan kategori tinggi pada siklus I yaitu > 71. Dan sedangkan pada siklus II hasilnya telah mencapai keberhasilan dalam penelitian dengan perolehan skor rata-rata 80 dengan perolehan skor pemahaman siswa terhadap Ilmu Tajwid sangat tinggi terdapat 90% >70 (28 siswa) dari 29 jumlah siswa dikelas V MI Al-Khaeriyah Karang Anyar Ciruas. Dari hasil penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa indikator dalam penelitian ini sudah sepenuhnya tercapai. Hal ini dapat dilihat dari hasil rata-rata pemahaman siswa terhadap Ilmu Tajwid terjadi sebuah peningkatan yaitu yang awalnya 71 berubah menjadi 81 dan hasilnya dari awalnya pada siklus I tinggi berubah menjadi sanggat tinggi pada siklus II. Dalam penelitian yang telah dilaksanakan oleh peneliti selama 2 siklus menunjukan hasilnya Metode Ummi dapat meningkatkan minat belajar Al-Qur’an terhadap siswa kelas V MI Al-Khaeriyah Karang Anyar Ciruas. Hal ini dibuktikan pada silklus I perolehan skor minat belajar Al- Qur’an dengan menggunakan Metode Ummi dengan kategori tinggi yaitu 70. Dan pada siklus II ada peningkatan dengan perolehan skor minat belajar Al-Qur’an dengan mengunakan Metode Ummi yaitu 95% dalam kategori sangat tinggi. Dan pada siklus ini menunjukan bahwa penelitian ini mencapai keberhasilan minat belajar siswa 90% (27 siswa) dari 29 siswa. Hasil dari skor minat belajar Al-Qur’an siswa dengan mengunakan Metode Ummi pada siklus I yang mendapatkan >70 terdapat ( 16 siswa) dari siswa yang ada (29 siswa) sedangkan siswa yang mendapatkan < 70 terdapat 13 siswa. Dan rata-rata perolehan skor minat belajar Al-Qur’an dengan mengunakan Metode Ummi pada matkul Al-Qur’an Hadist 70 dalam kategori tinggi, sedangkan perolehan skor pada siklus II telah mencapai keberhasilan dengan memperoleh nilai rata-rata sangat tinggi, dengan memperoleh skor minat belajar Al-Qur’an paad siswa >81 terdapat 90% (27 siswa) dari 29 siswa. Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa indikator keberhasilan dalam penelitian ini sudah sepenuhnya tercapai. Hal ini dapat terlihat pada rata-rata perolehan skor pemahaman ilmu tajwid dengan Metode Ummi pada siswa terjadi peningkatan yaitu dari 70 menjadi meningkat 81 dan kategori siswa tinggi menjdai sanggat tinggi.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Pemahaman Ilmu Tajwid Siswa Melalui Metode Ummi Di Kelas V
Subjek: 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 24 Jan 2025 04:48
Perubahan Terakhir: 24 Jan 2025 04:48
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16184

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.