Zuhroh, Dianatu (2025) Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (PPRA) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 7 (Study Kasus di MtsN 1 Lebak). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
Teks
S_PAI_201210119_Cover.pdf Download (144kB) |
|
Teks
S_PAI_201210119_Lampiran Depan.pdf Download (1MB) |
|
Teks
S_PAI_201210119_BAB I.pdf Download (409kB) |
|
Teks
S_PAI_201210119_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (505kB) |
|
Teks
S_PAI_201210119_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (366kB) |
|
Teks
S_PAI_201210119_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (323kB) |
|
Teks
S_PAI_201210119_BAB V.pdf Download (90kB) |
|
Teks
S_PAI_201210119_Daftar Pustaka.pdf Download (236kB) |
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan kurikulum merdeka belajar profil pelajar rahmatan lil alamin dan hasil belajar siswa kelas 7 serta untuk mengetahui faktor-faktor yang mendukung dan menghambat dalam penerapan PPRA di kelas 7 MTsN 1 Lebak. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode study kasus. Analisis kualitatif, dengan data primernya dan data skunder, ada 4 responden yang menjadi objek penelitian, teknik pengumpulan datanya melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk mencapai tujuan dalam penelitian ini menggunakan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa : Dasar menerapkannya kurikulum merdeka belajar PPRA adalah SK dirjen pendis sehingga MTsN 1 Lebak ini akhirnya menerapkan kurikulum merdeka berdasarkan SK yang diterbitkan oleh dirjen pendis tersebut. Hasil belajar siswa di MTsN 1 Lebak dikatakan cukup meningkat, peningkatan hasil belajar dilihat dari data nilai sebelum dan sesudah menerapkan kurikulum merdeka, dari data tersebut terdapat peningkatan hasil belajar siswa kelas 7 di MTsN 1 Lebak, yang mana nilai rata rata sebelum diterapkannya kurikulum merdeka yaitu 51,81% dan nilai rata-rata sesudah diterapkannya kurikulum merdeka yaitu 79,14% peningkatan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkannya kurikulum merdeka PPRA mencapai 52,72 % , maka dengan adanya peningkatan tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa. Faktor faktor pendukung dari penerapan kurikulum ini adalah dukungan yang diberikan oleh kepala sekolah maupun pihak lembaga sekolah/madrasah yang terstruktur, kemampuan pendidik yang kian meningkat dari waktu ke waktu dalam proses pembelajaran, pihak sekolah/madrasah telah mengumpulkan guru untuk memberikan pengarahan terkait kurikulum merdeka, kepala sekolah/madrasah memberikan kesempatan kepada guru yang telah mengikuti pelatihan untuk mengsosialisasikan, seperti melakukan kegiatan berupa belajar ke sekolah lain atau melakukan kunjungan, mengundang narasumber dari sekolah lain. Sedangkan untuk faktor penghambatnya yaitu kurangnya pelatihan terkait kurikulum merdeka yang dilaksanakan secara offline, sarana dan prasarana yang masih kurang memadai dan kurangnya kompetensi dari pihak guru.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Penerapan, Kurikulum Merdeka, Proyek Penguatan Profil Pelajar Rahmatal Lil‘Alamin (PPRA) |
Subjek: | 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 375 Kurikulum |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 24 Jan 2025 03:45 |
Perubahan Terakhir: | 24 Jan 2025 03:45 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16183 |
Actions (login required)
Lihat Item |