Pengembangan Media Interaktif Menggunakan Articulate Storyline Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik.

Habibah, Khalifatul (2025) Pengembangan Media Interaktif Menggunakan Articulate Storyline Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PGMI_201240077_COVER.pdf

Download (117kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240077_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_PGMI_201240077_BAB I.pdf

Download (171kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240077_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (442kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240077_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (221kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240077_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img] Teks
S_PGMI_201240077_BAB V.pdf

Download (162kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240077_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (383kB)

Abstrak

Pendidikan memiliki peran penting dalam mengembangkan peserta didik agar memiliki kekuatan spiritual, kepribadian dan keterampilan yang diperlukan. Media pembelajaran interaktif merupakan alat yang dapat meningkatkan efektivitas proses pembelajaran. penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif menggunakan articulate storyline untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di MI Al-Husna. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model 4D yang mencakup empat tahapan yaitu: define, design, development, and dissiminate. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif yang dikembangkan memenuhi kriteria validitas ahli media, materi, dan bahasa dengan presentase 88,5%. Uji coba lapangan menunjukkan peningkatan hasil belajar yang signifikan pada peserta didik setelah menggunakan media pembelajaran interaktif. Media yang dikembangkan berhasil membuat proses pembelajaran lebih menarik, efektif, dan efesien, serta meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam belajar.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Media pembelajaran interaktif, Articulate Storyline, hasil belajar, pendidikan dasar
Subjek: 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Dasar Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.E. Amelia Nurazizah Wijaya
Tanggal Disetorkan: 22 Jan 2025 07:15
Perubahan Terakhir: 22 Jan 2025 07:15
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16168

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.