Safira, Khansa Qonitah (2025) Pengembangan Media Math Story Book (MATRYK) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Bilangan Cacah Siswa Tunagrahita Pada Kelas II Di Sekolah Khusus Negeri 01 Cilegon. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
Teks
S_PGMI_201240035_COVER.pdf Download (94kB) |
|
Teks
S_PGMI_201240035_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (882kB) |
|
Teks
S_PGMI_201240035_BAB I.pdf Download (523kB) |
|
Teks
S_PGMI_201240035_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (628kB) |
|
Teks
S_PGMI_201240035_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (822kB) |
|
Teks
S_PGMI_201240035_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (1MB) |
|
Teks
S_PGMI_201240035_BAB V.pdf Download (467kB) |
|
Teks
S_PGMI_201240035_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (448kB) |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan berupa media pembelajaran Media MATRYK untuk meningkatkan kemampuan berhitung bilangan cacah siswa tunagrahita di kelas II Skh Negeri 01 Cilegon. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan (R&D) dari model pengembangan S. Thiagarajan yang memiliki 4 tahapan pengembangan yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Media MATRYK yang dikembangkan pada penelitian ini dapat dikatakan layak karena nilai uji validitas dari ketiga penilai memperoleh skor rata-rata lebih besar dari skor rata-rata minimal yaitu 4,0 dan tingkat kesepakatan antar setiap penilai mendapatkan presentase minimal, 80%. Secara keseluruhan uji kelayakan memperoleh nilai rerata 4,76. Sesuai kriteria kelayakan produk, secara keseluruhan kategori valid. Tingkat kesepakatan antar setiap penilai mendapatkan skor 84%. Hal ini menunjukkan bahwa produk layak untuk digunakan. Media MATRYK (Math Story Book) sudah efektif digunakan untuk siswa dalam meningkatkan kemampuan berhitung bilangan cacah 1-10. Sebelum dan setelah menggunakan media MATRYK didapatkan hasil nilai rata-rata 0,86 dengan kriteria tinggi. Dengan skor presentase N-Gain 86,66% dalam kategori “Sangat Baik”, disimpulkan media MATRYK efektif digunakan.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Media MATRYK, Kemampuan berhitung Bilangan Cacah, Siswa Tunagrahita |
Subjek: | 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | S.E. Amelia Nurazizah Wijaya |
Tanggal Disetorkan: | 22 Jan 2025 04:52 |
Perubahan Terakhir: | 22 Jan 2025 04:52 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16165 |
Actions (login required)
Lihat Item |