Syahriyah, Ery (2025) Pengaruh Kegiatan Seni Tari Kreasi terhadap Kepercayaan Diri Anak Kelompok A di RA Saadatuddaroin Tangerang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
Teks
S_PIAUD_201260031_Cover.pdf Download (132kB) |
|
Teks
S_PIAUD_201260031_Lampiran Depan.pdf Download (468kB) |
|
Teks
S_PIAUD_201260031_Bab I.pdf Download (606kB) |
|
Teks
S_PIAUD_201260031_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (634kB) |
|
Teks
S_PIAUD_201260031_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (408kB) |
|
Teks
S_PIAUD_201260031_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (569kB) |
|
Teks
S_PIAUD_201260031_Bab V.pdf Download (191kB) |
|
Teks
S_PIAUD_201260031_Daftar Pustaka.pdf Download (307kB) |
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi mengenai 1) Untuk mengetahui tingkat kepercayaan diri anak kelompok A1 RA Saadatuddaroin Tangerang. 2) Untuk mengetahui tingkat kepercayaan diri anak kelompok A2 RA Saadatuddaroin tangerang. 3) Untuk mengetahui pengaruh kegiatan seni tari kreasi terhadap kepercayaan diri anak kelompok A di RA Saadatuddaroin tangerang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain quasi eksperimen. Teknik pengumpuan data menggunakan uji Pretest Posttest. Pada penelitian ini yang menjadi subjek adalah kelompok A di RA Saadatuddaroin Tangerang. Kelas A1 sebagai kelas eksperimen menggunakan kegiatan seni tari kresi dan A2 sebagai kelas kontrol tidak menggunakan kegiatan seni tari kreasi. Teknik analisis data menggunakan uji N-Gain dan Uji Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan hasil SPSS Versi 19, uji hipotesis non-parametrik dengan uji mann whitney diperoleh Zhitung sebesar sebesar -5.449 dengan nilai signifikansi 0,00 < 0,05. Maka berdasarkan kriteria uji dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti bahwa terdapat pengaruh kegiatan seni tari kreasi terhadap kepercayaan diri anak. Hal ini juga dibuktikan hasil perhitungan uji N-Gain score menunjukan bahwa nilai rata-rata N-Gain Score untuk kelas eksperimen (menggunakan kegiatan seni tari kreasi) adalah sebesar 62.1310% termasuk dalam kategori cukup berpengaruh.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Anak usia dini, kepercayaan diri |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
User Penyetor: | S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat |
Tanggal Disetorkan: | 21 Jan 2025 02:23 |
Perubahan Terakhir: | 21 Jan 2025 02:23 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16123 |
Actions (login required)
Lihat Item |