Nurhayati, Uum (2024) Pengaruh Variabel Mikroekonomi Terhadap Market Share Bank Umum Syariah di Indonesia. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
Teks
S_PBS_201420019_COVER.pdf Download (46kB) |
|
Teks
S_PBS_201420019_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Teks
S_PBS_201420019_BAB I.pdf Download (277kB) |
|
Teks
S_PBS_201420019_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (339kB) |
|
Teks
S_PBS_201420019_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (315kB) |
|
Teks
S_PBS_201420019_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (431kB) |
|
Teks
S_PBS_201420019_BAB V.pdf Download (45kB) |
|
Teks
S_PBS_201420019_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (199kB) |
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena pangsa pasar perbankan syariah di Indonesia yang masih sangat kecil jika dibandingkan dengan perbankan konvensional. Faktor yang diyakini dapat memengaruhi market share sangat beragam, salah satunya adalah variabel mikroekonomi yang diwakili oleh kinerja keuangan. Dalam teori efisiensi relatif disebutkan bahwa kinerja keuangan dapat memengaruhi market share. Rumusan masalah dalam penelitian ini di antaranya: 1) Bagaimana pengaruh Non Performing Financing (NPF) terhadap market share bank umum syariah di Indonesia?; 2) Bagaimana pengaruh Dana Pihak Ketiga (DPK) terhadap market share bank umum syariah di Indonesia?; 3) Bagaimana pengaruh Return On Assets (ROA) terhadap market share bank umum syariah di Indonesia?; 4) Bagaimana pengaruh Biaya Operasional terhadap Pendapatan Operasional (BOPO) terhadap market share bank umum syariah di Indonesia?; 5) Bagaimana pengaruh NPF, DPK, ROA, dan BOPO terhadap market share bank umum syariah di Indonesia?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh NPF terhadap market share bank umum syariah di Indonesia; 2) Untuk mengetahui pengaruh DPK terhadap market share bank umum syariah di Indonesia; 3) Untuk mengetahui pengaruh ROA terhadap market share bank umum syariah di Indonesia; 4) Untuk mengetahui pengaruh BOPO terhadap market share bank umum syariah di Indonesia; dan 5) Untuk mengetahui pengaruh NPF, DPK, ROA, dan BOPO terhadap market share bank umum syariah di Indonesia. Data penelitian menggunakan laporan keuangan triwulan periode triwulan I tahun 2018 sampai dengan triwulan IV tahun 2022 yang kemudian diolah menggunakan software E-Views versi 12. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi data panel, dan model yang terpilih dalam pengujian ini yaitu random effect. Metode uji asumsi klasik dalam penelitian ini menggunakan uji multikolinieritas, serta menggunakan uji statistik di antaranya uji hipotesis, uji koefisien regresi, dan uji koefisien determinasi. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel mikroekonomi yang diproksikan melalui NPF, DPK, ROA dan BOPO secara simultan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap market share bank umum syariah, dengan nilai pengaruhnya hanya sebesar 29,81%. Sedangkan secara parsial, hanya variabel Dana Pihak Ketiga (DPK) yang memiliki pengaruh terhadap market share. Kemudian Non Performing Financing (NPF), Return On Assets (ROA), dan Biaya Operasional terhadap Pendapatan Operasional (BOPO) dinyatakan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap market share.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Mikroekonomi, NPF, DPK, ROA, BOPO, Market Share. |
Subjek: | 600 Teknologi > 650 Bisnis > 658 Umum manajemen > 658.8 Marketing |
Divisi: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah |
User Penyetor: | S.E. Amelia Nurazizah Wijaya |
Tanggal Disetorkan: | 20 Des 2024 03:33 |
Perubahan Terakhir: | 20 Des 2024 03:33 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16066 |
Actions (login required)
Lihat Item |