Sari, Ega (2024) Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Pelaksanaan Pembelajaran (Studi di MA Cisaat Filial MAN I Kab Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
Teks
S_PAI_171210036_COVER.pdf Download (102kB) |
|
Teks
S_PAI_171210036_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (680kB) |
|
Teks
S_PAI_171210036_BAB I.pdf Download (191kB) |
|
Teks
S_PAI_171210036_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (491kB) |
|
Teks
S_PAI_171210036_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (191kB) |
|
Teks
S_PAI_171210036_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (235kB) |
|
Teks
S_PAI_171210036_BAB V.pdf Download (88kB) |
|
Teks
S_PAI_171210036_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (148kB) |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) peran guru akidah akhlak dalam pelaksanaan pembelajaran di MA Cisaat Padarincang Filial MAN 1 Kab Serang 2) strategi yang digunakan dalam pembelajaran akidah akhlak, 3) faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pembelajaran akidah akhlak di MA Cisaat Padarincang Filial MAN 1 Kab Serang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, dengan pendekatan pedagogik. Sumber data penelitian ini yaitu dari guru-guru yang saya butuhkan bahkan saya melakukan wawancara dengan guru mata pelajaran akidah akhlak dan siswa terkait proses pembelajaran akidah akhlak dalam proses belajar mengajar dikelas. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) peran guru akidah akhlak dalam pelaksanaan pembelajaran. Dalam pembelajaran ini ntuk meningkatkan kualitas belajaran dengan tujuan untuk mencapai suatu tujuan yang baik. 2) bentuk-bentuk peran guru yaitu membimbing, memotivasi, mengarahkan dan membina peserta didiknya untuk mendidik siswa siswinya, 3) faktor pendukun dan penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran akidah akhlak yaitu sarana yang kurang memadai, alat peraga yang minim serta keterbatasan alokasi waktu pada saat jam pelajaran berlangsung pada saat pembelajaran. Implikasi penelitian ini adalah peran guru akidah akhlak dalam pelaksanaan pembelajaran di MA Cisaat Padarincang Filial MAN 1 Kab Serang, dianggap sudah layak dan efektif untuk dipertahankan. Dan sebagai saran penyusunan adalah perlu dilakukan secara berkelanjutan dalam proses pembelajaran.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Meningkatkan Kualitas Belajar Siswa, membimbing, dan memotivasi. |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus > 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | S.E. Amelia Nurazizah Wijaya |
Tanggal Disetorkan: | 09 Des 2024 07:57 |
Perubahan Terakhir: | 09 Des 2024 07:57 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15919 |
Actions (login required)
Lihat Item |