Ulyani, Aap Siti (2024) Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan untuk Meningkatkan Citra Lembaga Pendidikan Swasta (Studi Komparasi SD MALNU Pusat Menes dan SDIT ICMA Cikedal). Magister thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
Teks
T_MPI_222625218_Cover.pdf Download (89kB) |
|
Teks
T_MPI_222625218_Lampiran Depan.pdf Download (772kB) |
|
Teks
T_MPI_222625218_BAB I.pdf Download (271kB) |
|
Teks
T_MPI_222625218_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (514kB) |
|
Teks
T_MPI_222625218_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (280kB) |
|
Teks
T_MPI_222625218_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (639kB) |
|
Teks
T_MPI_222625218_BAB V.pdf Download (149kB) |
|
Teks
T_MPI_222625218_Daftar Pustaka.pdf Download (202kB) |
Abstrak
Era globalisasi sekarang yang ditandai dengan majunya teknologi menjadikan persaingan dalam penyelenggaraan pendidikan sesuatu yang lumrah terjadi. Maka diperlukan kematangan dalam manajemen pemasaran. Tingginya angka persaingan antarsekolah madrasah memiliki dampak yang berbeda bagi setiap sekolah namun persaingan dalam dunia pendidikan sudah tidak bisa dihindari melainkan harus dihadapi. Fenomena kegiatan promosi yang dilakukan oleh pihak sekolah seperti menyebarkan brosur, memasang spanduk, iklan di media sosial, serta langsung mendatangi kediaman calon pesera didik. Hal ini sudah lazim digunakan bukan hanya di kota-kota besar seperti Jakarta saja, di Kecamatan Menes dan Kecamatan Cikedal juga ditemukan, sekolah swasta yang sudah mulai aktif melakukan promosi seperti yang dilakukan, SD MALNU Pusat Menes Kabupaten Pandeglang dan SDIT ICMA Kec. Cikedal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data: wawancara, observasi, dan dokumentasi secara mendalam terhadap informan yang dianggap memiliki pengetahuan komprehensif dengan topik penelitian. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi manajemen pemasaran jasa pendidikan untuk meningkatkan citra SD MALNU Pusat Menes Kabupaten Pandeglang dan SDIT ICMA Cikedal Kabupaten Pandeglang. Berdasarkan hasil penelitian, temuan yang diperoleh ialah: (1) Perencanaan pemasaran meliputi analisis SWOT guna memanfaatkan peluang dan mengurangi ancaman, menentukan strategi PPDB, mempersiapkan SDM yang unggul. (2) Pelaksanaan pemasaran memanfaatkan semua media online, membuat event, memaksimalkan pelayanan, Koordinasi yang baik antara pengelola sangat membantu proses pelaksanaan pemasaran. (3) Evaluasi pemasaran dengan mengadakan musyawarah atau rapat rutin, Hasil yang diperoleh yaitu dapat mengontrol, mendapatkan solusi dari kendala pemasaran, dan juga memonitoring pemasaran pendidikan dengan bertambahnya kuantitas peserta didik pada setiap tahunnya dan sebagai rujukan kedepan.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Manajemen, Pemasaran Jasa Pendidikan, Citra Lembaga |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan |
Divisi: | Magister > Manajemen Pendidikan Islam |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 03 Des 2024 04:39 |
Perubahan Terakhir: | 03 Des 2024 04:39 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15873 |
Actions (login required)
Lihat Item |