Rafi, Muhamad Abdul (2024) Implementasi Kurikulum Merdeka Terhadap Minat Belajar pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak (Studi di MTs Negeri 1 Kabupaten Pandeglang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
Teks
S_PAI_191210086_Cover.pdf Download (173kB) |
|
Teks
S_PAI_191210086_Lampiran Depan.pdf Download (369kB) |
|
Teks
S_PAI_191210086_Bab I.pdf Download (396kB) |
|
Teks
S_PAI_191210086_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (805kB) |
|
Teks
S_PAI_191210086_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (632kB) |
|
Teks
S_PAI_191210086_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (594kB) |
|
Teks
S_PAI_191210086_Bab V.pdf Download (149kB) |
|
Teks
S_PAI_191210086_Daftar Pustaka.pdf Download (497kB) |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui implementasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Negeri 1 Pandeglang. 2) mengetahui minat belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak . 3) mengetahui pengaruh implementasi kurikulum merdeka terhadap minat belajar pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Negeri 1 Pandelang. Dan manfaat Penelitian ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan tentang kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs Negeri 1 Pandeglang. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif korelasional. Peneliti menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian dan menggunakan teknik pengambilan sampel acak berstrata mengambil 60 siswa sebagai sampel dengan rincian 30 siswa dari kelas unggulan, dan 30 siswa kelas regular dari seluruh populasi siswa kelas VII di MTs Negeri 1 Pandeglang yang berjumlah 325 siswa. Hasil Penelitian : 1) nilai total kuesioner siswa kelas unggulan yang menjadi sampel adalah 2373. Nilai tertinggi adalah 90, dan nilai terendah adalah 64 Rata-rata nilai siswa sebesar 79,2. Berdasarkan tafsiran kategori nilai kuesioner minat belajar siswa bahwa nilai rata-rata siswa sebesar 79,2 termasuk dalam kategori tafsiran kuat. Sementara nilai total kuesioner siswa kelas regular adalah 2252, dengan rata-rata nilai siswa sebesar 74,16. Berdasarkan tafsiran kategori nilai kuesioner minat belajar siswa bahwa nilai rata-rata siswa sebesar 74,16 termasuk dalam kategori tafsiran kuat. 2) nilai total PAS siswa kelas unggulan setelah diimplementasikan kurikulum merdeka sebesar 2638. Nilai tertinggi adalah 95, sementara nilai terendah adalah 82. Nilai PAS rata-rata siswa sebesar 87,93 Sementara nilai total PAS siswa kelas regular setelah diimplementasikan kurikulum merdeka sebesar 2700 dan nilai rata-rata siswa sebesar 90. . 3) hasil perhitungan uji korelasi, menunjukkan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 yang lebih kecil daripada 0,05. Maka dapat disimpulkan ada hubungan yang signifikan antara variabel x dengan variabel y. Diperoleh juga angka koefisien korelasi sebesar 0,963 yang artinya tingkat kekuatan hubungannya adalah hubungan yang kuat. Karena angka koefisian korelasi diatas bernilai positif, maka arah hubungan variabelnya adalah positif. Artinya, adanya implementasi kurikulum merdeka dapat meningkatkan minat belajar siswa.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Minat belajar, prestasi, belajar, hubungan , PAIBP |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.35 Kurikulum |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat |
Tanggal Disetorkan: | 03 Des 2024 02:55 |
Perubahan Terakhir: | 03 Des 2024 02:55 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15869 |
Actions (login required)
Lihat Item |