Pengembangan Media Animasi Powtoon Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bilangan Pecahan (R&D di Kelas IV MI Al-Falah Andamui Kota Serang).

Ubudiah, Monica Mastuti (2024) Pengembangan Media Animasi Powtoon Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bilangan Pecahan (R&D di Kelas IV MI Al-Falah Andamui Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PGMI_201240094_COVER.pdf

Download (158kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240094_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (727kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240094_BAB I.pdf

Download (249kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240094_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (966kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240094_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (442kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240094_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (606kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240094_BAB V.pdf

Download (160kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240094_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (210kB)

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui prosedur pengembangan dan kelayakan media video animasi pembelajaran powtoon untuk siswa kelas IV MI pada materi bilangan pecahan. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa terhadap materi bilangan pecahan menggunakan video animasi powtoon kelas IV A. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D). Penelitian ini dikembangkan dengan menggunakan lima langkah model pengembangan ADDIE, yaitu: 1) analyze, 2) design, 3) development, 4) implementation 5) evaluation. Teknik pengambilan data yang digunakan dengan wawancara, observasi dan kuesioner. Penelitian ini menghasilkan media video animasi pembelajaran powtoon pada materi bilangan pecahan di kelas IV MI Al-Falah Andamui yang mengandung audio, teks dan gambar animasi. Berdasarkan validasi yang telah dilakukan oleh dosen ahli materi menghasilkan skor presentase 92% dengan kategori Sangat Layak. Uji coba siswa menggunakan pre-test post-test. Hasil uji coba post-test menggunakan video animasi pembelajaran powtoon pada materi bilangan pecahan menunjukkan hasil presentase 80%. Dengan adanya peningkatan ini dapat menunjukkan bahwa media video animasi powtoon materi bilangan pecahan layak digunakan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): ideo Animasi Powtoon, Pecahan, Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Dasar Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.E. Amelia Nurazizah Wijaya
Tanggal Disetorkan: 02 Des 2024 07:47
Perubahan Terakhir: 02 Des 2024 07:58
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15858

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.