Nabila, Dea (2024) Pendampingan Masyarakat Bersama Kelompok Sadar Wisata Maulana Yusuf dalam Mengembangkan UKM Telur Asin di Kampung Sukadiri. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
Teks
S_PMI_201530076_Cover.pdf Download (128kB) |
|
Teks
S_PMI_201530076_Lampiran Depan.pdf Download (547kB) |
|
Teks
S_PMI_201530076_Bab I.pdf Download (608kB) |
|
Teks
S_PMI_201530076_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (424kB) |
|
Teks
S_PMI_201530076_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (522kB) |
|
Teks
S_PMI_201530076_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (488kB) |
|
Teks
S_PMI_201530076_Bab V.pdf Download (113kB) |
|
Teks
S_PMI_201530076_Daftar Pustaka.pdf Download (403kB) |
Abstrak
Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Maulana Yusuf merupakan organisasi yang bergerak pada bidang kepariwisataan, akan tetapi Pokdarwis Maulana Yusuf juga bergerak dalam mengembangkan segala potensi yang ada pada masyarakat sekitar Kampung Sukadiri, khususnya mengembangkan UKM Telur Asin. Adanya Pokdarwis Maulana Yusuf ini sebagai wadah bagi para pelaku usaha UKM telur asin agar dapat terus berkembang dalam mengembangkan produknya. Pokdarwis Maulana Yusuf terletak di Kampung Sukadiri Kelurahan Kasunyatan Kecamatan Kasemen Kota Serang Provinsi Banten. UKM Telur Asin merupakan sebuah aset untuk memberdayakan ekonomi masyarakat melalui produksi usaha telur asin, dalam memproduksi telur asin juga penting untuk mengemas dan memasarkan produk dengan baik, agar para konsumen tertarik dengan produk yang akan dibeli. Oleh karena itu, perlu diadakannya program kegiatan pendampingan edukasi pengemasan dan strategi pemasaran produk melalui digital marketing kepada para pelaku usaha UKM telur asin. Pendampingan terhadap para pelaku usaha UKM telur asin ini menggunakan metode Participatory Learning and Action (PLA) yang merupakan suatu pendekatan belajar bersama, diskusi, dan berpartisipasi dengan UKM telur asin Pokdarwis Maulana Yusuf. Penggunaan metode PLA ini sangat tepat dalam pelaksanaan program pendampingan terhadap masyarakat. Tujuan dari program kegiatan pendampingan edukasi pengemasan dan strategi pemasaran produk melalui digital marketing di UKM telur asin Pokdarwis Maulana Yusuf yaitu: 1) Memberikan pengetahuan mengenai pengemasan dan strategi pemasaran produk; 2) Memberikan pelatihan pengemasan yang baik dan berkualitas; 3) Memberikan pelatihan strategi pemasaran melalui digital marketing. Adapun hasil dari pendampingan ini yaitu: 1) Pelaku usaha UKM telur asin memahami pengetahuan mengenai pengemasan dan strategi pemasaran produk; 2) Pelaku usaha UKM telur asin mampu dalam mengemas produk dengan menggunakan kemasan terbaru; 3) Pelaku usaha UKM telur asin mampu dalam mengaplikasikan pemasaran digital atau marketplace melalui aplikasi shopee.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Pendampingan UKM, pokdarwis, pengemasan produk, strategi pemasaran |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 307 Komunitas |
Divisi: | Fakultas Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam |
User Penyetor: | S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat |
Tanggal Disetorkan: | 02 Des 2024 07:07 |
Perubahan Terakhir: | 02 Des 2024 07:07 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15853 |
Actions (login required)
Lihat Item |