Evaluasi Implementasi Kurikulum Merdeka dengan Model CIPP (Context, Input, Process, Product) Studi di Madrasah Aliyah Negeri Se-Kabupaten Pandeglang

Setiawan, Iwan (2024) Evaluasi Implementasi Kurikulum Merdeka dengan Model CIPP (Context, Input, Process, Product) Studi di Madrasah Aliyah Negeri Se-Kabupaten Pandeglang. Magister thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
T_MPI_222625220_Cover.pdf

Download (568kB)
[img] Teks
T_MPI_222625220_Lampiran Depan.pdf

Download (479kB)
[img] Teks
T_MPI_222625220_BAB I.pdf

Download (282kB)
[img] Teks
T_MPI_222625220_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (426kB)
[img] Teks
T_MPI_222625220_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (211kB)
[img] Teks
T_MPI_222625220_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (621kB)
[img] Teks
T_MPI_222625220_BAB V.pdf

Download (180kB)
[img] Teks
T_MPI_222625220_Daftar Pustaka.pdf

Download (132kB)

Abstrak

Madrasah Aliyah Negeri yang ada di Kabupaten Pandeglang merupak Pilot Projet sebagi Implementasi Kurikulum Merdeka di tahun pelajaran 2022/2023 dan tahun pelajaran 2023/2024. Untuk itu perlu di evaluasi, dengan menggunakan model CIPP (Context, Input, Process, Product) bisa mengetahui sejauhmana implementasi kurikulum merdeka yang sudah di laksanakan di Madrasah ini. Studi evaluatif ini menerapkan pendekatan deskriptif kualitatif dengan partisipan penelitian yang meliputi kepala madrasah, wakil kepala madrasah, guru, dan siswa sebagai informan. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi. Validitas data diuji melalui ketelitian observasi, dengan menggunakan triangulasi dari berbagai sumber, metode, dan teori. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis kualitatif.Objek. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi program kurikulum merdeka dengan model CIPP (Context, Input, Process, Product) di Madrasah Aliyah Negeri yang ada di Kabupaten Pandeglang, yang mana apakah program ini bisa di lanjutkan atau di berhentikan dengan pertimbngan tertentu. Hasil penelitian evaluasi menggunakan model CIPP terhadap implementasi Kurikulum Merdeka di Madrasah Aliyah Negeri se- Kabupaten Pandeglang sebagai berikut ; Evaluais Konteks pelaksanaan menunjukkan dukungan lingkungan yang kuat, namun pemahaman guru masih heterogen sedangkan pemahaman siswa sudah baik. Input pelaksanaan menyoroti kualitas dokumen kurikulum yang sudah sesuai dan tenaga pendidik sudah baik namun buku pelajaran masih kurang. Proses pembelajaran masih belum optimal dengan persiapan mengajar yang kurang, terutama dalam pendekatan pembelajaran berdiferensiasi masih belum diterapkan namun pelaksanaan P5 dan P2RA sudah di jalankan. Produk yang di hasilkan berupa hasil belajar siwa serta hasil belajar P5 dan P2RA sudah di atas Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KKTP). Hasil akhir, program ini dapat dilanjutkan dengan catatan dan rekomendasi untuk peningkatan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister)
Kata Kunci (keywords): Kurikulum Merdeka, Evaluasi Model CIPP
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 375 Kurikulum > 375.006 Perubahan Kurikulum, Evaluasi Kurikulum
Divisi: Magister > Manajemen Pendidikan Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 29 Nov 2024 02:55
Perubahan Terakhir: 29 Nov 2024 02:55
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15837

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.