Romadhon, Hilman (2024) Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Mind Mapping Untuk Meningkatkan Career planning Anak Asuh Di Panti Daarul Hasanah Karawang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
Teks
S_BKI_201520179_COVER.pdf Download (74kB) |
|
Teks
S_BKI_201520179_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (548kB) |
|
Teks
S_BKI_201520179_BAB 1.pdf Download (269kB) |
|
Teks
S_BKI_201520179_BAB 2.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (517kB) |
|
Teks
S_BKI_201520179_BAB 3.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (353kB) |
|
Teks
S_BKI_201520179_BAB 4.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (411kB) |
|
Teks
S_BKI_201520179_BAB 5.pdf Download (40kB) |
|
Teks
S_BKI_201520179_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (189kB) |
Abstrak
Career planning menjadi hal yang penting bagi anak asuh dalam mengambil keputusan yang tepat terkait dengan pilihan career mereka di masa depan. Permasalahan penelitian ini ditujukan pada anak asuh yang mengalami kesulitan untuk memahami bagaimana cara menentukan career yang sesuai dengan kemampuan dan belum bisa memantapkan career planning. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana tingkat career planning anak asuh sebelum dan sesudah diberikan treatment layanan bimbingan kelompok menggunakan mind mapping? 2) Apakah terdapat perbedaan career planning anak asuh sebelum dan sesudah diberikan treatment layanan bimbingan kelompok menggunakan mind mapping? 3) Seberapa efektif layanan bimbingan kelompok menggunakan mind mapping untuk meningkatkan career planning anak asuh. Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui tingkat career planning anak asuh sebelum dan sesudah diberikan treatment layanan bimbingan kelompok menggunakan mind mapping? 2) untuk mengetahui terdapat perbedaan career planning anak asuh sebelum dan sesudah diberikan treatment layanan bimbingan kelompok menggunakan mind mapping? 3) Untuk mengetahui seberapa efektif layanan bimbingan kelompok menggunakan mind mapping untuk meningkatkan career planning anak asuh. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan bentuk pre-experimental designs one group pretest and posttest. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan skala likert dengan penyebaran kuesioner, adapun untuk menganalisis data, penulis menggunakan uji Wilcoxon dan uji N-Gain. penelitian ini responden berjumlah 10 anak asuh yang memiliki tingkat career planning rendah. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa 1) Tingkat career planning anak asuh sebelum treatment berada pada nilai rata-rata pretest 58,90, dan meningkat menjadi 98,10 pada posttest setelah treatment. 2) Terdapat perbedaan signifikan dalam career planning, ditunjukkan oleh hasil statistik deskriptif yaitu peningkatan standar deviasi dari 6,790 pada pretest menjadi 9,837 pada posttest. 3) Uji Wilcoxon menunjukkan nilai signifikansi 0,005 < 0,05, dan uji N-Gain skor 0,98 dan untuk persentase 98,5%, yang berarti peningkatan sangat signifikan. Dengan demikian, bimbingan kelompok menggunakan mind mapping efektif meningkatkan career planning anak asuh di Panti Daarul Hasanah Karawang, sehingga hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Bimbingan Kelompok, Mind Mapping, Career planning Anak Asuh |
Subjek: | 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 158 Terapan Psikologi > 158.3 Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara |
Divisi: | Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam |
User Penyetor: | S.E. Amelia Nurazizah Wijaya |
Tanggal Disetorkan: | 25 Nov 2024 08:32 |
Perubahan Terakhir: | 25 Nov 2024 08:32 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15811 |
Actions (login required)
Lihat Item |