Syafrudin, Oktafiani (2024) Pengaruh Perspektif Kemudahan terhadap Kapuasan Nasabah menggunakan Fasilitas BSI Mobile (Studi pada Nasabah BSI Tangerang Cimone). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PBS_201420137_Cover.pdf Download (79kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PBS_201420137_Lampiran Depan.pdf Download (617kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PBS_201420137_BAB I.pdf Download (343kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PBS_201420137_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (418kB) |
||
Teks
S_PBS_201420137_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (396kB) |
||
Teks
S_PBS_201420137_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (584kB) |
||
|
Teks
S_PBS_201420137_BAB V.pdf Download (128kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PBS_201420137_Daftar Pustaka.pdf Download (245kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
BSI Mobile merupakan layanan digital perbankan yang diberikan oleh PT. Bank Syariah Indonesia yang berfungsi untuk memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi perbankan tanpa perlu datang ke bank maupun ATM kecuali penarikan uang cash. Sistem pembayaran dengan menggunakan BSI mobile menjadikan akses tidak terbatas oleh nasabah bank terhadap layanan perbankan yang dibutuhkan. Fitur dan layanan yang disajikan di dalam BSI Mobile diharapkan dapat memberikan kemudahan dan kepuasan tersendiri bagi para pemakainnya. Adapun perumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: Apakah perspektif kemudahan nasabah dalam menggunakan BSI Mobile berpengaruh terhadap kepuasan nasabah dengan metode Patrial Least Squares Structural Equation Model sebagai pengukurannya?. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui pengaruh perspektif kemudahan terhadap kepuasan nasabah pengguna BSI Mobile dengan metode Patrial Least Squares structural equation model sebagai pengukurannya. 2) Memberikan masukan atau rekomendasi kepada pihak Bank Syariah Indonesia sebagai bahan pertimbangan dan pengembangan sistem BSI Mobile. Penelitian ini menggunakan metode Patrial Least Squares (PLS) structural equation model (SEM), di mana metode ini digunakan untuk mengetahui pengaruh perspektif kemudahan terhadap kepuasan nasabah dalam menggunakan fasilitas BSI Mobile. Dengan analisis outer model diantaranya: Uji Validitas Reliabilitas, Convergent Validity, Discriminant Validity, Composite Reliability dan Inner Model: R-Square, T-statistic, P values. Kesimpulan pengujian hipotesis menunjukkan bahwa variabel perspektif kemudahan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah menggunakan BSI Mobile. Dari uji t hitung > t tabel yaitu 83.594 > 1.985 dan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Maka H1 menyatakan bahwa variabel kemudahan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah dalam menggunakan BSI Mobile. besar nnilai R-Square untuk variabel perspektif kemudahan adalah 0,757. Hasil ini menunjukkan bahwa 88,3% variabel kepuasan nasabah dapat dipengaruhi oleh perpektif kemudahan, sisanya yaitu sebesar 11,7% yang dijelaskan oleh variabel lainnya yang tidak dihipotesiskan dalam model.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Kemudahan, Kepuasan, BSI Mobile, Fitur, Layanan |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi Keuangan > 332.17 Layanan Bank |
Divisi: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 20 Nov 2024 01:44 |
Perubahan Terakhir: | 20 Nov 2024 01:44 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15767 |
Actions (login required)
Lihat Item |