Strategi Bisnis Pengusaha Bakso dalam Mengahadapi Kenaikan Harga Daging Sapi pada saat Lebaran (Studi Kasus Bakso Simas Cilegon)

Rosyadi, Muhamad Ade (2024) Strategi Bisnis Pengusaha Bakso dalam Mengahadapi Kenaikan Harga Daging Sapi pada saat Lebaran (Studi Kasus Bakso Simas Cilegon). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_ES_171410036_Cover.pdf

Download (98kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_ES_171410036_Lampiran Depan.pdf

Download (528kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_ES_171410036_BAB I.pdf

Download (276kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_ES_171410036_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (581kB)
[img] Teks
S_ES_171410036_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (102kB)
[img] Teks
S_ES_171410036_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (525kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_ES_171410036_BAB V.pdf

Download (90kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_ES_171410036_Daftar Pustaka.pdf

Download (229kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenaikan harga pada saat lebaran khususnya harga daging sapi serta naiknya harga-harga lainnya sehingga membuat penjual bakso tidak berjualan saat lebaran. Namun ada strategi bisnis yang dapat dilakukan salah satunya dengan melakukan memanajemen persediaan dan menaikan harga jual. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana strategi bisnis yang dilakukan oleh pengusaha bisnis bakso dalam menghadapi naiknya harga daging sapi saat lebaran?. Kemudian tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi bisnis yang dilakukan oleh pengusaha bisnis bakso dalam menghadapi naiknya harga daging sapi saat lebaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data dengan cara wawancara mendalam (tidak terseteruktur), observasi (partisipasi) dan pendokumentasian. Teknik penentuan informan menggunakan judgment sample atau biasa disebut purposive sample. Uji keabsahan data menggunakan uji kredibilitas data yang menggunakan metode triangulasi (triangulasi teori dan triangulasi metode). Berdasarkan hasil penelitian dan analisa dari wawancara sebagai berikut: Strategi bisnis yang dilakukan pengusaha mie ayam bakso siemas dalam menghadapi kenaikan harga daging sapi pada saat lebaran yaitu dengan menggunakan 1. Strategi manajemen persediaan, 2. Strategi produk 3. Strategi harga 4. Strategi tempat. Faktor yang menyebabkan terjadinya kenaikan harga daging sapi saat lebaran yaitu ialah akibat banyaknya permintaan konsumen terhadap daging sapi sehingga semakin banyaknya permintaan terhadap daging sapi naik maka harga daging sapi akan naik. Solusi usaha mie ayam bakso siemas terhadap kenaikan harga daging sapi saat lebaran yaitu dengan cara 1. Mengatur penyimpanan bahan baku. 2. Menjaga arus kas tetap sehat. 3. Menetapkan harga jual. 4. Melakukan inovasi produk berdasarkan keinginan konsumen.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Strategi Bisnis, Produk, Harga
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 330 Ekonomi > 338 Produksi
Divisi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 19 Nov 2024 07:46
Perubahan Terakhir: 19 Nov 2024 07:47
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15761

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.