Anggraini, Ardilla (2024) Pengembangan Media Audio Visual Powtoon Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Skala Kelas V SD. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PGMI_201240019_COVER.pdf Download (232kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_201240019_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (1MB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_201240019_BAB I.pdf Download (217kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PGMI_201240019_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (753kB) |
||
Teks
S_PGMI_201240019_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (400kB) |
||
Teks
S_PGMI_201240019_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (862kB) |
||
|
Teks
S_PGMI_201240019_BAB V.pdf Download (149kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_201240019_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (193kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui prosedur pengembangan dan keefektifan media audio visual Powtoon dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi skala kelas V SD. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE, adapun langkah-langkah tersebut yaitu sebagai berikut: Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Berdasarakan langkah-langkah di atas, kesimpulan yang didapat pada penelitian ini yaitu dari hasil uji validasi media audio visual Powtoon dapat diketahui bahwa penilaian dosen ahli media yang pertama dan kedua memperoleh presentase 95% dengan kategori “Sangat Layak”, penilaian dosen ahli materi yang pertama dan kedua memperoleh presentase 85,5%, dengan kategori “Sangat Layak”, serta penilaian dari guru kelas memperoleh nilai presentase 94,4% dengan kategori “Sangat Layak”. Hal ini menunjukkan bahwa media audio visual Powtoon pada pembelajaran matematika materi skala layak untuk dijadikan media pembelajaran. Berdasarkan hasil uji coba produk dengan siswa pada hasil belajar dibuktikan adanya peningkatan sebesar 67%. Sebelum uji coba produk, nilai presentase pretest yaitu 27%, sedangkan sesudah melakukan uji coba produk dengan siswa memperoleh nilai presentase posttest yaitu 94%. Sementara itu, hasil respon siswa menggunakan media audio visual Powtoon memperoleh presentase sebesar 95,3% dengan kategori “Sangat Layak”. Adapun penggunaan media audio visual Powtoon efektif terhadap hasil belajar siswa pada materi skala kelas V SD dengan nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,76 masuk dalam kategori tinggi dan memperoleh presentase N-Gain sebesar 76,00%.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Media Audio Visual, Powtoon, Hasil Belajar |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | S.E. Amelia Nurazizah Wijaya |
Tanggal Disetorkan: | 19 Nov 2024 07:50 |
Perubahan Terakhir: | 19 Nov 2024 07:50 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15759 |
Actions (login required)
Lihat Item |