Pengaruh Kualitas Produk dan Penerapan Prinsip Syariah Terhadap Kepuasan Nasabah pada Bank Muamalat KC Cilegon

Purwanti, Siti (2024) Pengaruh Kualitas Produk dan Penerapan Prinsip Syariah Terhadap Kepuasan Nasabah pada Bank Muamalat KC Cilegon. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PBS_171420100_Cover.pdf

Download (297kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PBS_171420100_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PBS_171420100_Bab I.pdf

Download (225kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PBS_171420100_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (311kB)
[img] Teks
S_PBS_171420100_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (385kB)
[img] Teks
S_PBS_171420100_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (611kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PBS_171420100_Bab V.pdf

Download (8kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PBS_171420100_Daftar Pustaka.pdf

Download (224kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Kepuasan nasabah merupakan aspek utama dalam memperhitungkan kualitas pelayanan, dimana nasabah memperhitugkan kinerja pelayanan yang diterima serta dialami langsung terhadap suatu produk. Banyak produk perbankan syariah yang diinginkan bisa memajukan perekonomian berlandaskan oleh syariat Islam. Hal serupa bahwa kepuasan pelanggan menjadi tuntunan pada perusahaan jasa, pelanggan yang puas akan menjadi market force bagi perusahaan. Berdasarkan latar belakang, perumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah terdapat pengaruh kualitas produk dan penerapan prinsip syariah terhadap kepuasan nasabah pada Bank Muamalat KC Cilegon. Tujuannya dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan penerapan prinsip syariah terhadap kepuasan nasabah pada Bank Muamalat KC Cilegon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pengambilan data melalui kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah Bank Muamalat KC Cilegon yang berjumlah 6.905 orang dengan sampel sebanyak 100 orang. Analisi data yang digunakan meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik (normalitas, heteroskedastisitas, autokorelasi, dan multikolinearitas), uji regresi linear berganda, uji hipotesis (koefisien korelasi, koefisien determinasi, uji t dan uji f). Hasil penelitian yang diperoleh ialah: 1) variabel kualitas produk secara parsial berpengaruh terhadap kepuasan nasabah, diperoleh nilai sig 0,025 > 0,05. 2) variabel penerapan prinsip syariah secara parsial berpengaruh terhadap kepuasan nasabah, diperoleh nilai sig (0,000 < 0,05). 3) secara simultan variabel kualtas produk dan penerapan prinsip syariah berpengaruh terhadap kepuasan nasabah, diperoleh nilai sig (0,000 < 0,05). Besarnya pengaruh variabel kualitas produk dan penerapan prinsip syariah terhadap kepuasan nasabah yaitu sebesar 0.618 atau 61,8%, sedangkan sisanya sebesar 38,2% (100% - 61,8%) dipengaruhi oleh variabel-variabel lain di luar penelitian.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Kualitas produk, penerapan prinsip syariah, kepuasan nasabah
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.2 Muamalah > 2x4.27 Bank
Divisi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 19 Nov 2024 02:18
Perubahan Terakhir: 20 Nov 2024 07:57
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15750

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.