Pengaruh Penerapan Metode Akhlak Terhadap Sikap Siswa dalam Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam

Yuliyanti, Weni (2024) Pengaruh Penerapan Metode Akhlak Terhadap Sikap Siswa dalam Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_142101836_COVER.pdf

Download (22kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_142101836_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (356kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_142101836_BAB 1.pdf

Download (30kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PAI_142101836_BAB 2.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (160kB)
[img] Teks
S_PAI_142101836_BAB 3.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (56kB)
[img] Teks
S_PAI_142101836_BAB 4.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (93kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_142101836_BAB 5.pdf

Download (19kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_142101836_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (12kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Metode Akhlak adalah suatu pembelajaran yang melibatkan siswa dengan materi pembelajaran yang nantinya siswa dapat mencari nilai moral dan dapat meneladaninya serta mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Rumusan dalam penelitian ini antara lain:1). Bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MAN 1 Kota Serang?, 2). Apakah terdapat pengaruh penerapan metode akhlak terhadap sikap siswa?. Penelitian ini bertujuan sebagai berikut : 1) Untuk mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MAN 1 Kota Serang, 2). Untuk mengetahui pengaruh penerapan metode akhlak pada mata pelajaran SKI terhadap sikap siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasi ekperimen dengan desain penelitian yang digunakan nonequivalent control group design. Hasil penelitian berdasarkan uji-t menunjukkan thitung = 4,36 dan ttabel = 1,99 pada taraf signifikan α = 0,05 yang berarti thitung ≥ ttabel (4,36 ≥ 1,99) sehingga Ho (hipotesis nol) ditolak dan Ha (hipotesis alternatif) diterima, jadi hasil pengujian hipotesis dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan penerapan metode akhlak pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam terhadap sikap siswa.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Metode Akhlak, Sikap Siswa, Sejarah Kebudayaan Islam
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.E. Amelia Nurazizah Wijaya
Tanggal Disetorkan: 18 Nov 2024 08:24
Perubahan Terakhir: 18 Nov 2024 08:24
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15745

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.