Nisa, Ummi (2024) تحليل الكتاب الدراسي لتعليم اللغة العربية الذي نشرته وزارة الشؤون الدينية على أساس نظرية William Francis Mackey و Harry A. Greene and Walter T. Petty للصف السابع بالمدرسة المتوسطة الإسلامية. Magister thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
T_PBA_212622008_Cover.pdf Download (245kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
T_PBA_212622008_Lampiran Depan.pdf Download (854kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
T_PBA_212622008_BAB I.pdf Download (505kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
T_PBA_212622008_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (687kB) |
||
Teks
T_PBA_212622008_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (522kB) |
||
Teks
T_PBA_212622008_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (1MB) |
||
|
Teks
T_PBA_212622008_BAB V.pdf Download (299kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
T_PBA_212622008_Daftar Pustaka.pdf Download (388kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Peneliti menganalisis buku berdasarkan teori Harry A. Greene and Walter T. Petty dan William Francis Mackey, karena teori tersebut terkenal dalam analisis buku linguistic. Alasan peneliti menganalisis buku ini dikarenakan banyak dari sekolah yang tidak menggunakan buku ini, sehingga peneliti bertujuan meneliti buku ini untuk mengetahui apakah materi yang ada dalam buku ini sesuai dengan kriteria buku yang baik atau tidak. kemudian berdasarkan teori Greene and Petty dan Mackey apakah buku ini memenuhi kriteria buku yang baik menurut kedua teori tersebut. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan diantaranya Observasi, Wawancara dengan guru bahasa Arab dan Dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu buku ini sudah sesuai dengan kurikulum 2013, dari segi materi buku yang memuat informasi, pesan, dan pengetahuan secara tertulis. Tema buku seputar kegiatan sehari-hari seperti perkenalan, rumah, dll. Dari segi penyajian materi buku ini sudah dilengkapi dengan gambar dan grafik seperti di setiap materi kosa kata. Dari segi bahasa, buku ini menggunakan bahasa Arab Fusha sehingga memudahkan siswa dalam memahami materi. Dan ditiap akhir materi dilengkapi latihan untuk meningkatkan keterampilan bahasa Arab. Berdasarkan teori Mackey buku ini juga sudah memenuhi kriteria buku yang baik dari segi pemilihan materi, pengurutan materi, penyajian dan repetisi. Akan tetapi dari 10 kriteria yang dijelaskan Greene and Petty terdapat salah satu kriteria yang tidak ditemukan dibuku ini, yaitu menghargai perbedaan antar siswa. Dan saat ini kurikulum 2013 sudah digantikan dengan kurikulum merdeka, karena alasan itulah buku ini sudah tidak digunakan lagi di sekolah-sekolah tertentu. Akan tetapi menurut para guru Bahasa Arab buku ini lebih baik dari buku kurikulum merdeka baik dari segi kosakata, latihan ataupun isi.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister) |
---|---|
Subjek: | 400 Bahasa > 407 Pendidikan, penelitian & topik terkait |
Divisi: | Magister > Pendidikan Bahasa Arab |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 08 Nov 2024 07:00 |
Perubahan Terakhir: | 08 Nov 2024 07:00 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15666 |
Actions (login required)
Lihat Item |