Fadilah, Laila Rahmawati (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Game Based Learning Menggunakan Media Genially Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Quasi Eksoerimen di Kelas XI SMAN 1 Ciomas Kabupaten Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten.
|
Teks
S_PAI_201210094_Cover.pdf Download (185kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_201210094_Lampiran Depan.pdf Download (606kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_201210094_Bab I.pdf Download (234kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PAI_201210094_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (632kB) |
||
Teks
S_PAI_201210094_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (673kB) |
||
Teks
S_PAI_201210094_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (660kB) |
||
|
Teks
S_PAI_201210094_Bab V.pdf Download (182kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_201210094_Daftar Pustaka.pdf Download (149kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang memakai model pembelajaran Game Based Learning menggunakan media Genially dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas XI SMAN 1 Ciomas Kabupaten Serang dan mengetahui pengaruh yang signifikan terkait model pembelajaran Game Based Learning menggunakan media Genilally terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam kelas XI di SMAN 1 Ciomas Kabupaten Serang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis quasi experimental design menggunakan kelas eksperimen mendapatkan treatment Game Based Learning dengan media Genially dan kelas kontrol menggunakan model konvensional untuk mengetahui hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Game Based Learning dengan media Genially yaitu dengan dilakukannya pretest dan posttest. Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata posttest kelas eskperimen 72 dan kelas kontrol 60 berdasarkan pengujian hipotesis dapat dilihat dari perhitungan uji-t pada posttest yang telah dilakukan. Dengan nilai signifikansi menunjukan nilai sebesar 0.004 ≤ 0.05 maka dapat diambil keputusan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan uji N-gain setelah diberikan treatment dengan model pembelajaran Game Based Learning menggunakan media Genially mengalami peningkatan sebesar 41% yang termasuk dalam kategori cukup efektif dan dapat digunakan karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Simpulan pada penelitian ini terdapat pengaruh terkait hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran Game Based Learning dengan media Genially pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan siswa yang menerapkan model pembelajaran konvensional. Dengan skategori cukup efektif.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Model pembelajaran, game based learning, genially, pendiikan agama islam, hasil belajar |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat |
Tanggal Disetorkan: | 06 Nov 2024 03:56 |
Perubahan Terakhir: | 06 Nov 2024 04:36 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15635 |
Actions (login required)
Lihat Item |