Pengembangan Media Pembelajaran Video Interaktif Pada Materi Keanekaragaman Budaya Banten (Research and Development di Kelas 5 MIN 2 Serang)

Alim Nabiel, Huda Tajul (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Video Interaktif Pada Materi Keanekaragaman Budaya Banten (Research and Development di Kelas 5 MIN 2 Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_201240095_COVER.pdf

Download (99kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_201240095_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_201240095_BAB I.pdf

Download (289kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PGMI_201240095_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (382kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240095_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (434kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240095_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (580kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_201240095_BAB V.pdf

Download (189kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_201240095_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (213kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan media berupa bahan ajar berbasis Video interaktif pada pembelajaran pada materi keberagaman Banten serta mengetahui kelayakan dari validator dan respon peserta didik. Metode penelitian yang digunakan Research and Development (R&D) dengan model 4D (Four D) yang dilakukan dengan 4 tahapan, adapun tahap-tahap tersebut dilakukan sebagai berikut: (1) Define, yaitu analisis dengan melakukan observasi dan wawancara terhadap walikelas 5D, (2) Design, yaitu tahapan yang bertujuan menghasilkan suatu rancangan media yang kemudian dikembangkan, (3) Develop, yaitu dimana tahapan ini untuk menghasilkan sebuah bentuk akhir media pembelajaran kemudian peneliti melakukan validasi sebagai dasar untuk melakukan revisi, dan (4) Disseminate,yaitu tahap penyebaran dan tahap ini dilakukan sedikit uji coba kecil terhadap siswa kelas 5D untuk mengetahui responnya terhadap media yang dikembangkan. Hasil penelitian pertama, menghasilkan produk berupa media video interaktif pada pembelajaran materi keberagaman Banten. Kedua pengujian validitas meliputi dua aspek yaitu materi dan aspek media yang melibatkan beberapa validator. Hasil dari data yang diperoleh dari 1) validasi materi video interaktif mendapat kategori “Sangat Layak” dengan skor persentase 82%. 2) dan hasil validasi media video interaktif mendapat kategori “Sangat Layak” dengan skor persentase 86,66%, Selanjutnya ketiga dilakukan uji coba produk kepada 12 kelompok responden mendapatkan hasil yang termasuk dalam kategori “Sangat baik” dengan persentase nilai 91,66%. Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan media video interaktif dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas 5 MI/SD.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Media Video Interaktif, Budaya Lokal Banten, Research and Development
Subjek: 000 Ilmu komputer, pengetahuan & sistem > 070 Berita media, jurnalisme & penerbitan
100 Filsafat & Psikologi > 110 Metafisika > 111 Ontologi > 111.6 Terbatas dan Tak Terbatas > 000 Ilmu komputer, pengetahuan & sistem > 070 Berita media, jurnalisme & penerbitan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.E. Amelia Nurazizah Wijaya
Tanggal Disetorkan: 04 Nov 2024 04:12
Perubahan Terakhir: 04 Nov 2024 04:12
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15599

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.