Sundari, Putri Tria (2024) Pengembangan Media Gambar Berbasis Kebudayaan Lokal Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Operasi Hitung Perkalian Bilangan Asli (R&D di Kelas II SDN Tejamari Kec.Baros). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PGMI_201240021_COVER.pdf Download (195kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_201240021_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (1MB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_201240021_BAB I.pdf Download (340kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PGMI_201240021_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (526kB) |
||
Teks
S_PGMI_201240021_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (584kB) |
||
Teks
S_PGMI_201240021_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (991kB) |
||
Teks
S_PGMI_201240021_BAB V.pdf Download (296kB) |
||
|
Teks
S_PGMI_201240021_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (330kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran Media Gambar untuk menghitung perkalian bilangan asli peserta didik kelas II SDN Tejamari Kecamatan Baros. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan (R&D) dari model pengembangan S. Thiagarajan, yang memiliki 4 tahapan pengembangan yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Media yang dikembangkan di validasi oleh ahli materi dan ahli media sebelum melakukan uji coba lapangan awal terhadap peserta didik. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan angket ahli media, ahli materi, angket guru kelas II, angket peserta didik, observasi wawancara dan dokumentasi. Data hasil dari penelitian dianalisis dengan menggunakan teknis analisis kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan dari hasil validasi ahli materi mendapatkan skor 46 dengan persentase 83% dengan kriteria “Baik”, validasi ahli media dengan hasil skor 44 dengan persentase 88% dengan kriteria “Sangat Baik”, dan hasil dari validasi guru kelas II dengan hasil skor 99 dengan persentase 94% dengan kriteria “Sangat Baik”. Adapun dari hasil uji coba lapangan awal dengan jumlah persentase 90%-100% dengan kriteria “Sangat Baik”. Secara keseluruhan media pembelajaran Media Gambar sudah layak untuk digunakan dengan memudahkan menghitung perkalian bilangan asli oleh peserta didik yang mengalami kesulitan pada menghitung perkalian dengan hasil pengamatan secara langsung Media gambar ini memudahkan peserta didik untuk belajar perkalian. Berdasarkan hasil Pre-Test sebelum menggunakan media gambar dan Post-Test dengan menggunakan media gambar memperoleh nilai rata-rata 0,898 dengan kriteria tinggi. Dan memperoleh skor persentase N-Gain 89,833 dengan kategori efektif. Maka dengan media pembelajaran Media Gambar sudah efektif digunakan untuk siswa dalam meningkatkan hasil belajar operasi hitung perkalian bilangan asli.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Media Gambar, Kemampuan berhitung Perkalian, Peserta didik. |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | S.E. Amelia Nurazizah Wijaya |
Tanggal Disetorkan: | 29 Okt 2024 04:05 |
Perubahan Terakhir: | 29 Okt 2024 04:05 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15580 |
Actions (login required)
Lihat Item |