Konseling Islam dengan Penerapan Terapi Realitas dalam Mengurangi Kecemasan pada Ibu Rumah Tangga Pemakai Jasa Bank Keliling (Studi Kasus di Ds. Pamanuk, Kec. Carenang, Kab. Serang-Banten)

Hayati, Nur Fitri (2024) Konseling Islam dengan Penerapan Terapi Realitas dalam Mengurangi Kecemasan pada Ibu Rumah Tangga Pemakai Jasa Bank Keliling (Studi Kasus di Ds. Pamanuk, Kec. Carenang, Kab. Serang-Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_BKI_181520163_Cover.pdf

Download (112kB)
[img] Teks
S_BKI_181520163_Lampiran Depan.pdf

Download (400kB)
[img] Teks
S_BKI_181520163_Bab I.pdf

Download (410kB)
[img] Teks
S_BKI_181520163_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (552kB)
[img] Teks
S_BKI_181520163_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (247kB)
[img] Teks
S_BKI_181520163_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (376kB)
[img] Teks
S_BKI_181520163_Bab V.pdf

Download (88kB)
[img] Teks
S_BKI_181520163_Daftar Pustaka.pdf

Download (223kB)

Abstrak

Ibu rumah tangga adalah wanita yang mengatur penyelenggaraan berbagai macam pekerjaan rumah tangga. Dalam keluarga yang memiliki peranan yang paling penting adalah ibu rumah tangga, ia memiliki kewajiban untuk mengurus berbagai keperluan keperluan di dalam rumah tangga yaitu seperti memasak, membersihkan ruangan-ruangan, mencuci pakaian, mencuci piring, mengurus anak, dan melayani suami. Namun karena ada beberapa ibu rumah tangga yang suaminya tidak memiliki penghasilan dikarenakan suami menganggur setelah di PHK sekian lama dan ada pula ibu rumah tangga yang sudah tidak memiliki suami dikarenakan meninggal, penghasilan dari berdagang keliling dan membuka warung kecil dirumah yang tak bisa mencukupi semua kebutuhan menyebabkan ia mengalami gangguan kecemasan. Banyaknya kebutuhan-kebutuhan yang harus tercukupi seperti biaya sekolah anak, transportasi anak, uang saku sekolah anak, kebutuhan sehari-hari keluarga di rumah, gaya hidup dikarenakan gengsi, menyebabkan seorang ibu rumah tangga melakukan pinjaman uang kepada jasa pinjaman yang ada di kampung kampung atau biasa di sebut dengan julukan bank keliling. Berdasarkan latar belakang diatas, maka rumusan masalah dalam penelitian adalah: 1). Bagaimana kondisi ibu rumah tangga yang mengalami kecemasan di Ds. Pamanuk? 2). Bagaimana penerapan konseling Islam dengan terapi realitas dalam mengurangi kecemasan pada ibu rumah tangga di Ds. Pamanuk? 3). Bagaimana hasil konseling Islam melalui terapi realitas ? Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) untuk mengetahui kondisi ibu rumah tangga yang mengalami kecemasan di Desa Pamanuk. 2) untuk mengetahui bagaimana penerapan konseling Islam dengan terapi realitas dalam mengurangi kecemasan pada ibu rumah tangga di Desa Pamanuk. 3) untuk mengetahui hasil konseling Islam melalui terapi realitas. Metode yang digunakan peneliti adalah: metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa untuk membantu mengurangi kecemasan pada ibu rumah tangga pemakai jasa bank keliling tersebut peneliti melakukan tindakan konseling Islam dengan penerapan terapi realitas, agar para ibu rumah tangga dapat berfikir rasional, terarahkan, bisa menerima keadaan yang terjadi, dan dapat berubah menjadi pribadi yang lebih baik. Walaupun ekonomi sedang tidak stabil tetap tidak bisa dihindari kenyataan seperti itu, kini para ibu rumah tangga dapat berfikir rasional, sehingga banyak mengalami perubahan menjadi lebih baik.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Terapi Realitas, Kecemasan, Ibu Rumah Tangga
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 158 Terapan Psikologi > 158.3 Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 23 Okt 2024 06:53
Perubahan Terakhir: 23 Okt 2024 07:46
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15549

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.