Rohalia, Euis (2024) Pengaruh Implementasi Digital Banking dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank Syariah Indonesia KCP Pandeglang (Studi Pada Bank Syariah Indonesia KCP Pandeglang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PBS_201420123_COVER.pdf Download (422kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PBS_201420123_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (1MB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PBS_201420123_BAB 1.pdf Download (518kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PBS_201420123_BAB 2.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (674kB) |
||
Teks
S_PBS_201420123_BAB 3.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (693kB) |
||
Teks
S_PBS_201420123_BAB 4.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (698kB) |
||
|
Teks
S_PBS_201420123_BAB 5.pdf Download (243kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PBS_201420123_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (461kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Kemajuan teknologi informasi yang sangat pesat menimbulkan revolusi yang mengarah kepada Layanan Perbankan Digital. Layanan tersebut dirancang agar meningkatkan efisiensi kegiatan operasional dan kualitas layanan yang diberikan bank kepada nasabah. Namun, dalam era digital ada beberapa tantangan digitalisasi yang harus diwaspadai khususnya serangan siber ransomware. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Apakah Digital Banking berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan nasabah Bank Syariah Indonesia?, 2) Apakah Kualitas Layanan berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan nasabah Bank Syariah Indonesia? Tujuan penelitian ini dilakukan untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh digital banking dan kualitas layanan terhadap kepuasan nasabah Bank Syariah Indonesia KCP Pandeglang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif yang menggunakan data primer. Populasi penelitian ini yaitu nasabah Bank Syariah Indonesia KCP Pandeglang yang menggunakan digital banking dengan sampel sebanyak 98 responden. Sampel tersebut didapat menggunakan Simple Random Sampling. Data diperoleh dengan menggunakan kuisioner secara online, kemudian diolah data dengan bantuan software statistik yaitu SmartPLS versi 4. Analisis yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari uji pengukuran model (outer model) meliputi uji validitas dan reliabilitas, uji pengukuran model (inner model) meliputi uji R-Square, uji Pradictive Relevance, uji GoF, dan terakhir uji hipotesis. Hasil penelitian yang didapat menyatakan bahwa meskipun dengan adanya berbagai inovasi dalam produk perbankan digital, hal itu tidak membuat adanya kepuasan nasabah tetapi kepuasan nasabah didapatkan dari kualitas layanan yang diberikan bank kepada nasabah Bank Syariah Indonesia KCP Pandeglang. Dikarenakan variabel digital banking tidak berpengaruh terhadap kepuasan nasabah Bank Syariah Indonesia KCP Pandeglang. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji hipotesis dengan nilai T statistic sebesar 0.363 kurang dari level signifikansi yang ditetapkan >1.96 dan P-valuiei s seibeisar 0.717 leibih beisar dari lei vei l signifikansi yang diteitapkan seibeisar <0.05. Berbeda dengan variabel kualitas layanan yang terdapat pengaruh terhadap kepuasan nasabah Bank Syariah Indonesia KCP Pandeglang. Hal ini dibuktikan dengan hasil uiji hipoteisis dei ngan nilai T statictic seibeisar 11.172 leibih beisar dari lei vei l signifikansi yang diteitapkan >1.96 dan nilai P-valui eis seibeisar 0.000 leibih kei cil dari leiveil signifikansi yang diteitapkan seibeisar <0.05.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Digital Banking, Kualitas Layanan, Kepuasan Nasabah |
Subjek: | 2x4 Fiqh > 2x4.2 Muamalah > 2x4.27 Bank |
Divisi: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah |
User Penyetor: | S.E. Amelia Nurazizah Wijaya |
Tanggal Disetorkan: | 15 Okt 2024 04:32 |
Perubahan Terakhir: | 15 Okt 2024 04:32 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15490 |
Actions (login required)
Lihat Item |