Safira, Dede (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMPN 1 Baros Kabupaten Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PAI_201210105_Cover.pdf Download (28kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_201210105_Lampiran Depan.pdf Download (948kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_201210105_BAB I.pdf Download (141kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PAI_201210105_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (390kB) |
||
Teks
S_PAI_201210105_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (296kB) |
||
Teks
S_PAI_201210105_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (283kB) |
||
|
Teks
S_PAI_201210105_BAB V.pdf Download (45kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_201210105_Daftar Pustaka.pdf Download (179kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learnng (PjBL) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti di SMPN 1 Baros Kabupaten Serang. Dan manfaat dari penelitian ini adalah memberikan gambaran yang jelas mengenai pengaruh metode tersebut dalam meningkatkan hasil belajar pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis kuasi eksperimen, desain Nonequevalent Control Group Design. Dengan menggunakan tes sebagai instrumennya. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas VIII Di SMPN 1 Baros Kabupaten Serang. Kelas VIII F sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol dengan menggunakan metode konvensional. Hasil dari penelitian yaitu terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata post-test kelas eksperimen 84 dan kelas kontrol 66. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji independent sample t-test. Berdasarkan keputusan uji t-test yaitu Jika nilai signifikansi (2-tailed) < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jika nilai signifikansi (2-tailed) >0,05 maka Ho diterima dan Ha ditolak. Tabel uji independen sample t-test yang dilakukan diperoleh nilai signifikansi (2 tailed) pada post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 0,000 <0,05 hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh bermakna terhadap perbedaan perlakuan yang diberikan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Simpulan pada penelitian ini terdapat pengaruh terkait hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran Project Based Learning dengan media scrapbook pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan siswa yang menerapkan model pembelajaran konvensional. Dengan kategori cukup efektif.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL), Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 15 Okt 2024 08:23 |
Perubahan Terakhir: | 15 Okt 2024 08:23 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15489 |
Actions (login required)
Lihat Item |