Analisis Model Pembelajaran Probing Prompting dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Materi Fungsi Hadits terhadap Al-Qur'an (Studi Penelitian Deskriptif di SMPIT Widya Cendekia Kota Serang)

Gunawan, Gunawan (2024) Analisis Model Pembelajaran Probing Prompting dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Materi Fungsi Hadits terhadap Al-Qur'an (Studi Penelitian Deskriptif di SMPIT Widya Cendekia Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PAI_201210101_Cover.pdf

Download (291kB)
[img] Teks
S_PAI_201210101_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_PAI_201210101_BAB I.pdf

Download (212kB)
[img] Teks
S_PAI_201210101_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (434kB)
[img] Teks
S_PAI_201210101_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (214kB)
[img] Teks
S_PAI_201210101_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img] Teks
S_PAI_201210101_BAB V.pdf

Download (88kB)
[img] Teks
S_PAI_201210101_Daftar Pustaka.pdf

Download (140kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Model Pembelajaran Probing Prompting Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Materi Fungsi Hadist Terhadap Al-Qur’an di SMPIT Widya Cendekia Kota Serang. Penelitian ini berjenis kualitatif dengan berfokus pada siswa kelas 7A yang mengambil data deskriptif berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data, peneliti menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan Model pembelajaran probing prompting terbukti dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap fungsi Hadits terhadap Al-Qur'an. Langkah-langkah penerapan model pembelajaran ini adalah : (1) Menyajikan situasi baru, (2) Memberikan waktu kepada siswa untuk berpikir, (3) Mengajukan pertanyaan dan memilih siswa untuk menjawab, (4) Menunggu siswa merumuskan jawaban (5) Mengulang pertanyaan jika jawabannya benar atau menanyakan pertanyaan lain jika salah. Ditemukan beberapa permasalahan antara lain : (1) Siswa yang tidak merespon pertanyaan, (2) Kurangnya kosakata yang dimiliki siswa, (3) Waktu sering terbuang sia-sia. Untuk mengatasi permasalahan tersebut guru memberikan pertanyaan dorongan dan murid diarahkan untuk membaca buku.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Model Probing Prompting, Pemahaman, Fungsi Hadits Terhadap Al-Qur’an
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 14 Okt 2024 03:21
Perubahan Terakhir: 14 Okt 2024 03:21
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15475

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.