Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mind Mapping untuk Meningkatkan Belajar Hukum Tajwid pada Mata Pelajaran PAI (Penelitian R&D Kelas X di SMA Negeri 2 Kota Serang)

Azriel, Fuad (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mind Mapping untuk Meningkatkan Belajar Hukum Tajwid pada Mata Pelajaran PAI (Penelitian R&D Kelas X di SMA Negeri 2 Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_201210121_Cover.pdf

Download (309kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_201210121_Lampiran Depan.pdf

Download (920kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_201210121_BAB I.pdf

Download (684kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PAI_201210121_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (789kB)
[img] Teks
S_PAI_201210121_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img] Teks
S_PAI_201210121_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_201210121_BAB V.pdf

Download (514kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_201210121_Daftar Pustaka.pdf

Download (4MB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian pengembangan media mind mapping tajwid bertujuan untuk mengetahui bagaimana prosedur mengembangkan produk media, mengetahui kelayakan dan mengetahui efektifitas dari media mind mapping pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pembelajaran hukum tajwid Kelas X di SMA Negeri 2 Kota Serang. Metode R&D (Research and Development) adalah metode yang digunakan dalam penelitian ini, dengan model pengembangan ADDIE. Kelayakan produk dilakukan dengan ahli materi dan ahli media. Uji lapangan dilakukan pada 42 peserta didik kelas X di SMA Negeri 2 Kota Serang. Penelitian ini menghasilkan produk berupa media mind mapping, berdasarkan hasil validasi produk diperoleh presentasi hasil penilaian ahli materi yakni 88,75% serta presentasi hasil penilaian ahli media yakni 93,75%. Semua penilaian validasi yang didapatkan dengan kualifikasi skala tingkat kelayakan termasuk kriteria sangat valid. Hasil Pre-Test menunjukkan pengetahuan awal dengan rata-rata 70,2%. Hasil Post-Test menunjukkan peningkatan dengan rata-rata 90,7%. Uji N Gain didapatkan hasil 0.687 dengan rentang grain (0.30 < g < 0.70), klasifikasi sedang dan kualifikasi skala kriteria cukup efektif.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Pengembangan, Media Pembelajaran, Mind Mapping, Tajwid, Pendidikan Agama Islam
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 11 Okt 2024 03:28
Perubahan Terakhir: 11 Okt 2024 03:28
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15468

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.