Pengaruh Akuntabilitas, Kepercayaan dan Transparansi Pngelolaan Zakat terhadap Keputusan Muzaki Membayar Zakat (Studi Kasus Badan Amil Zakat Nasional Kota Tangerang

Rusdi, Yulita (2024) Pengaruh Akuntabilitas, Kepercayaan dan Transparansi Pngelolaan Zakat terhadap Keputusan Muzaki Membayar Zakat (Studi Kasus Badan Amil Zakat Nasional Kota Tangerang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_ES_201410137_Cover.pdf

Download (236kB)
[img] Teks
S_ES_201410137_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_ES_201410137_BAB I.pdf

Download (579kB)
[img] Teks
S_ES_201410137_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (869kB)
[img] Teks
S_ES_201410137_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (551kB)
[img] Teks
S_ES_201410137_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (486kB)
[img] Teks
S_ES_201410137_BAB V.pdf

Download (189kB)
[img] Teks
S_ES_201410137_Daftar Pustaka.pdf

Download (510kB)

Abstrak

Potensi zakat Kota Tangerang jika ditinjau dari aspek ekonomis potensinya sangat besar. Tetapi, realisasi pengumpulan zakat tidak sesuai atau masih jauh dari potensi zakat. Oleh karena itu, realisasi pengumpulan zakat yang rendah mengindikasikan bahwa keputusan untuk membayar zakat melalui BAZNAS Kota Tangerang masih rendah. Ada dua faktor yang terindikasi mampu mempengaruhi keputusan muzaki membayar zakat, yaitu faktor eksternal dan faktor internal. Faktor eksternal yaitu akuntabilitas dan transparansi. Sedangkan faktor internal yaitu kepercayaan. Semakin tinggi tingkat akuntabilitas, kepercayaan dan transparansi, maka semakin tinggi pula keputusan dalam membayar zakat. Rumusan Masalah dalam penelitian ini yaitu 1) Bagaimana pengaruh akuntabilitas terhadap keputusan muzaki membayar zakat di BAZNAS Kota Tangerang?, 2) Bagaimana pengaruh kepercayaan terhadap keputusan muzaki membayar zakat di BAZNAS Kota Tangerang?, 3) Bagaimana pengaruh transparansi terhadap keputusan muzaki membayar zakat di BAZNAS Kota Tangerang?, 4) Bagaimana pengaruh akuntabilitas, kepercayaan, dan transparansi terhadap keputusan muzaki membayar zakat di BAZNAS Kota Tangerang?. Tujuan penelitian ini yaitu 1) Untuk menganalisis pengaruh akuntabilitas terhadap keputusan muzaki membayar zakat di BAZNAS Kota Tangerang, 2) Untuk menganalisis pengaruh kepercayaan terhadap keputusan muzaki membayar zakat di BAZNAS Kota Tangerang, 3) Untuk menganalisis pengaruh transparansi terhadap keputusan muzaki membayar zakat di BAZNAS Kota Tangerang, 4) Untuk menganalisis pengaruh akuntabilitas, transparansi, dan kepercayaan terhadap keputusan muzaki membayar zakat di BAZNAS Kota Tangerang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah muzaki di BAZNAS Kota Tangerang. Pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling dengan cara accidental sampling yaitu sebanyak 396 muzaki. Lalu, data dianalisis mengunakan menggunakan SPSS IBM 27. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa akuntabilitas, kepercayaan, dan transparansi secara parsial berpengaruh terhadap keputusan muzaki membayar zakat, yaitu dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Adapun hasil penelitian yang menunjukkan bahwa akuntabilitas, kepercayaan, dan transparansi secara simultan berpengaruh terhadap keputusan muzaki membayar zakat, yaitu dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Akuntabilitas, Kepercayaan, Transparansi dan Keputusan Muzaki Membayar Zakat
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.14 Zakat
Divisi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 08 Okt 2024 02:04
Perubahan Terakhir: 08 Okt 2024 02:04
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15429

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.