Peran Motivator Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Etos Kerja Guru Di MI Az-Zahra Caringin Kec. Labuan Kab. Pandeglang.

Janah, Siti Roudhotul (2024) Peran Motivator Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Etos Kerja Guru Di MI Az-Zahra Caringin Kec. Labuan Kab. Pandeglang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_MPI_201250033_COVER.pdf

Download (300kB)
[img] Teks
S_MPI_201250033_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_MPI_201250033_BAB I.pdf

Download (383kB)
[img] Teks
S_MPI_201250033_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (637kB)
[img] Teks
S_MPI_201250033_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (482kB)
[img] Teks
S_MPI_201250033_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (645kB)
[img] Teks
S_MPI_201250033_BAB V.pdf

Download (218kB)
[img] Teks
S_MPI_201250033_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (253kB)

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran motivator kepala madrasah, etos kerja guru tanpa dipengaruhi peran motivator kepala madrasah, kepala madrasah dalam menjalankan perannya sebagai motivator, pengaruh peran kepala madrasah terhadap etos kerja guru dan untuk mengetahui etos kerja guru setelah upaya-upaya pemberian motivasi oleh kepala madrasah di MI Az-Zahra Caringin Kec. Labuan Kab. Pandeglang. Dan manfaatnya adalah dapat dijadikan bahan literatur ilmiah dan menambah referensi dalam dunia pendidikan. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, peran motivator kepala madrasah yaitu sebagai pendorong, penggerak dan pengarah, kepala madrasah berusaha untuk memahami kondisi para guru terkait dengan kebutuhan, hambatan dan situasi kerja. Ketika etos kerja guru tanpa dipengaruhi peran motivator kepala madrasah di MI Az-Zahra Caringin, beberapa permasalahan ditemukan. Hal ini terlihat pada adanya beberapa guru yang kurang dalam kedisiplinan serta inisiatif guru terhadap pengembangan pembelajaran kurang optimal. Upaya kepala madrasah sebagai motivator terlihat dalam menciptakan lingkungan yang kondusif, membangun suasana nyaman, membangun kedisiplinan, memberikan dorongan motivasi, memberikan pengembangan professional, serta memberikan apresiasi atas prestasi yang dicapai. Pengaruh peran motivator kepala madrasah terhadap etos kerja guru sangat signifikan dihasilkan bahwa beberapa guru mulai sadar akan tanggungjawab, dedikasi diri, dan pengembangan profesi. Etos kerja guru setelah upaya pemberian motivasi oleh kepala madrasah dinilai baik hal ini terlihat dalam paradigma kerja adalah rahmat dan kerja adalah amanah. Simpulan penelitian ini bahwa peran motivator kepala madrasah sangat penting dalam meningkatkan etos kerja guru sehingga diperlukan implementasi strategi motivasi ini oleh semua madrasah sebagai upaya meningkatkan kualitas pendidikan dan prestasi siswa.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Peran kepala madrasah, Motivator, Etos kerja guru
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
User Penyetor: S.E. Amelia Nurazizah Wijaya
Tanggal Disetorkan: 02 Okt 2024 08:55
Perubahan Terakhir: 02 Okt 2024 08:55
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15383

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.