Pengembangan Media Video Animasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPAS Bagi Siswa Kelas IV SD/MI

Fatimaturohmah, Nadya (2024) Pengembangan Media Video Animasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPAS Bagi Siswa Kelas IV SD/MI. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PGMI_201240093_COVER.pdf

Download (54kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240093_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_PGMI_201240093_BAB I.pdf

Download (600kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240093_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (354kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240093_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (621kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240093_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (847kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240093_BAB V.pdf

Download (156kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240093_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (369kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk media video animasi pada mata pelajaran IPAS untuk meningkatkan hasil belajar serta mengetahui kelayakan dari validator, guru dan peserta didik. Penelitian ini dilakukan di kelas IV MI Al-Falah Andamui yang melibatkan 27 peserta didik dan seorang pendidik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model penelitian ADDIE. Model penelitian ADDIE memiliki lima tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Pada tahap analisis dilakukan dengan melakukan pengumpulan data yaitu observasi dan wawancara. Kemudian tahap design menghasilkan desain media video animasi yang digunakan sebagai acuan pembuatan dilaksanakan dengan melakukan validasi kepada 3 validator. Tahap implementasi dilakukan dengan uji coba kepada pendidik dan peserta didik. Tahap terakhir yaitu tahap evaluasi yang menghasilkan rencana evaluasi setelah uji coba. Hasil penilaian kelayakan yang di dapatkan dari validator memperoleh nilai rata-rata skor 82% dengan kriteria baik. Hasil uji coba kepada peserta didik untuk mengetahui keefektifan media yang dikembangkan mendapatkan N-gain score 88,20% dengan kriteria efekif.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Materi IPAS, Media Video Animasi, Hasil Belajar.
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.E. Amelia Nurazizah Wijaya
Tanggal Disetorkan: 30 Sep 2024 08:00
Perubahan Terakhir: 30 Sep 2024 08:00
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15363

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.