Faridah, Nida (2024) Peningkatan Hasil Belajar Operasi Hitung Penjumlahan Bilangan Pecahan Biasa Melalui Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PGMI_161240041_COVER.pdf Download (107kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_161240041_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (883kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_161240041_BAB I.pdf Download (434kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PGMI_161240041_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (580kB) |
||
Teks
S_PGMI_161240041_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (494kB) |
||
Teks
S_PGMI_161240041_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (949kB) |
||
|
Teks
S_PGMI_161240041_BAB V.pdf Download (295kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_161240041_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (383kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik. Kesulitan dan kekeliruan peserta didik disebabkan karena peserta didik belum bisa menempatkan pembilang dan penyebut, dan proses belajar mengajar yang tidak efektif, guru kurang tepat dalam menentukan model pembelajaran dan tidak memanfaatkan alat peraga sebagai media pembelajaran matematika. Hal ini mengakibatkan rendahnya hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas peserta didik dan guru pada pembelajaran matematika materi penjumlahan bilangan pecahan biasa dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME). Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan Realistic Matehmatic Education (RME) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V di SDN Ukirsari dari segi aktivitas peserta didik dalam proses pembelajaran maupun hasil pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari presentase aktivitas proses pembelajaran dan hasil pembelajaran pada siklus 1 yaitu 37,5%, kemudian mengalami peningkatan pada siklus II dengan presentase aktivitas proses pembelajaran dan hasil belajar pada siklus II yaitu 83,33%.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Hasil Belajar, Operasi Hitung Penjumlahan Bilangan Pecahan Biasa, Pendekatan Pembelajaran, Pendekatan RME. |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | S.E. Amelia Nurazizah Wijaya |
Tanggal Disetorkan: | 27 Sep 2024 08:29 |
Perubahan Terakhir: | 27 Sep 2024 08:29 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15343 |
Actions (login required)
Lihat Item |