Husnayain Al, Putri Ihda (2024) Strategi Guru Dalam Mencegah Bullying Dengan Mengembangkan Self Esteem di RA Al-Husnayain Cibeber Kota Cilegon. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PIAUD_201260014_COVER.pdf Download (54kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PIAUD_201260014_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (1MB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PIAUD_201260014_BAB 1.pdf Download (325kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PIAUD_201260014_BAB 2.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (479kB) |
||
Teks
S_PIAUD_201260014_BAB 3.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (257kB) |
||
Teks
S_PIAUD_201260014_BAB 4.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (434kB) |
||
|
Teks
S_PIAUD_201260014_BAB 5.pdf Download (188kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PIAUD_201260014_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (3MB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi strategi guru dalam mencegah bullying dengan mengembangkan self esteem di RA Al-Husnayain Cibeber Kota Cilegon. Latar belakang penelitian ini adalah beberapa peserta didik menjadi pelaku bullying di sekolah seperti mengejek dan memprovokasi teman. Bullying di RA Al-Husnayaian masih dapat dicegah dengan mengembangkan self esteem. Berkembangnya self esteem sejak dini pada peserta didik diharapkan membantu anak menjadi percaya diri, mampu menyelesaikan permasalahan dengan baik, menghargai diri sendiri dan orang di sekitarnya serta tidak mampu terpengaruh oleh hal buruk. Metode yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Strategi guru dalam mencegah bullying dengan mengembangkan self esteem di RA Al-Husnayain melalui pembentukan percaya diri, membangun komunikasi secara hangat, membentuk sikap prososial, pujian realistis dan pemberian kasih sayang yang adil pada anak. 2) Faktor pendukung pengembangan self esteem di RA Al-Husnayain di pengaruhi oleh lingkungan keluarga yang sehat, lingkungan sosial menerima anak, intelegensi dan pengawasan bijak orang tua dalam penggunaan media sosial/gadget. Sedangkan faktor penghambat pengembangan self esteem di RA Al-Husnayain di pengaruhi oleh lingkungan keluarga bermasalah, lingkungan sosial yang membedakan status sosial anak, belum berkembangnnya intelegensi dan kurangnnya pengawasan orang tua dalam mengakses media sosial/gadget.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Strategi guru, Pencegahan bullying, Pengembangan self esteem, Anak Usia Dini |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
User Penyetor: | S.E. Amelia Nurazizah Wijaya |
Tanggal Disetorkan: | 26 Sep 2024 07:58 |
Perubahan Terakhir: | 26 Sep 2024 07:58 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15330 |
Actions (login required)
Lihat Item |