Indriyani, Indriyani (2024) Manajemen Mutaba’ah Bimbingan Belajar Mengaji dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Peserta Didik Kelas X di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kabupaten Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_MPI_201250035_Cover.pdf Download (239kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_MPI_201250035_Lampiran Depan.pdf Download (643kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_MPI_201250035_Bab I.pdf Download (240kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_MPI_201250035_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (598kB) |
||
Teks
S_MPI_201250035_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (209kB) |
||
Teks
S_MPI_201250035_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (626kB) |
||
|
Teks
S_MPI_201250035_Bab V.pdf Download (159kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_MPI_201250035_Daftar Pustaka.pdf Download (240kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Manajemen Mutaba’ah Bimbingan Belajar Mengaji dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Peserta Didik Kelas X di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kabupaten Serang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, informan dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, wakil kepala madrasah kurikulum, wakil kepala madrasah kesiswaan, penanggungjawab projek bimbingan mengaji, guru tahsin, dan 3 peserta didik. Data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Dari ketiga metode pengumpulan data tersebut dapat dianalisis dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi: triangulasi sumber, triangulasi teknik pengumpulan data, dan triangulasi waktu. Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini adalah bentuk penerapan manajemen mutaba’ah bimbingan belajar mengaji dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik kelas X di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kabupaten Serang. Bimbingan belajar mengaji merupakan projek kurikulum merdeka yang bersifat wajib untuk seluruh peserta didik kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Kabupaten Serang bertujuan untuk memberikan pelayanan kepada peserta didik dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an. Hasil menunjukkan bahwa manajemen mutaba’ah bimbingan belajar mengaji sudah baik karena dilakukan melalui proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan, sehingga dapat sedikit meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik. Hal tersebut dapat dilihat dari peserta didik yang sudah sedikit mampu membaca Al-Qur’an sesuai dengan tajwid dan makharijul huruf.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Manajemen, Mutaba’ah Bimbingan Belajar Mengaji, Kemampuan Membaca Al-Qur’an |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
User Penyetor: | S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat |
Tanggal Disetorkan: | 20 Sep 2024 02:09 |
Perubahan Terakhir: | 20 Sep 2024 02:09 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15286 |
Actions (login required)
Lihat Item |