Manajemen Mutaba’ah Bimbingan Belajar Mengaji dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Peserta Didik Kelas X di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kabupaten Serang

Indriyani, Indriyani (2024) Manajemen Mutaba’ah Bimbingan Belajar Mengaji dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Peserta Didik Kelas X di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kabupaten Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_MPI_201250035_Cover.pdf

Download (239kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_MPI_201250035_Lampiran Depan.pdf

Download (643kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_MPI_201250035_Bab I.pdf

Download (240kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_MPI_201250035_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (598kB)
[img] Teks
S_MPI_201250035_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (209kB)
[img] Teks
S_MPI_201250035_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (626kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_MPI_201250035_Bab V.pdf

Download (159kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_MPI_201250035_Daftar Pustaka.pdf

Download (240kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Manajemen Mutaba’ah Bimbingan Belajar Mengaji dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Peserta Didik Kelas X di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kabupaten Serang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, informan dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, wakil kepala madrasah kurikulum, wakil kepala madrasah kesiswaan, penanggungjawab projek bimbingan mengaji, guru tahsin, dan 3 peserta didik. Data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Dari ketiga metode pengumpulan data tersebut dapat dianalisis dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi: triangulasi sumber, triangulasi teknik pengumpulan data, dan triangulasi waktu. Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini adalah bentuk penerapan manajemen mutaba’ah bimbingan belajar mengaji dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik kelas X di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kabupaten Serang. Bimbingan belajar mengaji merupakan projek kurikulum merdeka yang bersifat wajib untuk seluruh peserta didik kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Kabupaten Serang bertujuan untuk memberikan pelayanan kepada peserta didik dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an. Hasil menunjukkan bahwa manajemen mutaba’ah bimbingan belajar mengaji sudah baik karena dilakukan melalui proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan, sehingga dapat sedikit meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik. Hal tersebut dapat dilihat dari peserta didik yang sudah sedikit mampu membaca Al-Qur’an sesuai dengan tajwid dan makharijul huruf.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Manajemen, Mutaba’ah Bimbingan Belajar Mengaji, Kemampuan Membaca Al-Qur’an
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 20 Sep 2024 02:09
Perubahan Terakhir: 20 Sep 2024 02:09
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15286

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.