Fitriyani, Vita (2024) Pengaruh Kualitas Pelayanan Jaminan Kesehatan Nasional Terhadap Kepuasan Masyarakat (Studi Pada Puskesmas Kecamatan Pontang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_AS_201430023_Cover.pdf Download (12kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_AS_201430023_Lampiran Depan.pdf Download (1MB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_AS_201430023_BAB I.pdf Download (288kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_AS_201430023_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (407kB) |
||
Teks
S_AS_201430023_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (538kB) |
||
Teks
S_AS_201430023_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (740kB) |
||
|
Teks
S_AS_201430023_BAB V.pdf Download (159kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_AS_201430023_Daftar Pustaka.pdf Download (447kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Kualitas pelayanan pada dasarnya adalah sejauh mana pelayanan yang dirasakan oleh pelanggan sesuai dengan yang mereka harapkan (customer expectation). Oleh karena itu, salah satu tujuan survei ini adalah untuk memudahkan kebutuhan pelayanan masyarakat sebagai pelanggan. Dengan demikian kepuasan konsumen adalah sikap yang terbentuk setelah konsumen menerima layanan dari pihak lain, dalam konteks ini adalah layanan kesehatan dari puskesmas. Dalam segi perumusan masalah ini, penulis merincikan apa yang telah menjadi batasan masalah yang telah dipilih akan dapat dirumuskan permasalahan ini ialah apakah ada dampak kualitas layanan JKN terhadap kepuasan publik di puskesmas Pontang dan sejauh mana pengaruh kualitas layanan JKN terhadap kepuasan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk memahami apakah terdapat pengaruh mutu pelayanan JKN terhadap kepuasan publik dan seberapa kuat dampak dari mutu pelayanan JKN terhadap kepuasan publik. Metode penelitian yang dipakai adalah pendekatan kuantitatif deskriptif dengan lokasi penelitian di puskesmas wilayah Pontang, dengan menggunakan data primer. Penelitian ini dilakukan di pengguna JKN yang berobat di puskesmas Pontang sampel penelitian ini sebanyak 100 orang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa nilai signifikan kualitas (X) terhadap kepuasan (Y) adalah 0,001 kurang dari 0,05, dan nilai t yang dihitung 9,637 > melebihi nilai t table 1,984 maka H0 akan ditolak, sementara H1 diterima, itu berarti ada hubungan antara kualitas (X) dan kepuasan (Y) secara nyata. Pada penelitian ini menyimpulkan bahwasanya banyak pengguna JKN yang berobat di puskesmas Pontang, karena kualitas pelayanannya baik, maka hal tersebut berdampak baik bagi masyarakat untuk menggunakan JKN. Maka hal tersebut berdampak baik untuk banyak hal ditemukan bahwa nilai koefisien hubungan sebesar 0,819 berada di interval koefisien 0,80 – 1000. Dengan demikian, kesimpulannya adalah variabel X berhubungan dengan variabel Y dan hubungannya sangat kuat. Sedangkan uji koefisien determinasi menunjukan nilai R2 yang disesuaikan sebesar 0,668 dapat dikatakan kualitas pelayanan jaminan kesehatan nasional terhadap kepuasan masyarakat sangat berpengaruh pada pengguna JKN yang berobat di puskesmas Kecamatan Pontang.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 360 Sosial masalah & layanan sosial > 368 Asuransi |
Divisi: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Asuransi Syari'ah |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 19 Sep 2024 07:06 |
Perubahan Terakhir: | 19 Sep 2024 07:13 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15278 |
Actions (login required)
Lihat Item |