Pengaruh Penggunaan Digital Payment dan Pemahaman Literasi Keuangan Syariah Terhadap Perilaku Konsumtif Masyarakat Dengan Kontrol Diri Sebagai Variabel Moderasi

Oktafiani, Nurlatifah Umi (2024) Pengaruh Penggunaan Digital Payment dan Pemahaman Literasi Keuangan Syariah Terhadap Perilaku Konsumtif Masyarakat Dengan Kontrol Diri Sebagai Variabel Moderasi. Magister thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
T_ES_222641102_COVER.pdf

Download (283kB)
[img] Teks
T_ES_222641102_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (848kB)
[img] Teks
T_ES_222641102_BAB 1.pdf

Download (548kB)
[img] Teks
T_ES_222641102_BAB 2.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (734kB)
[img] Teks
T_ES_222641102_BAB 3.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (464kB)
[img] Teks
T_ES_222641102_BAB 4.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (876kB)
[img] Teks
T_ES_222641102_BAB 5.pdf

Download (267kB)
[img] Teks
T_ES_222641102_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (332kB)

Abstrak

Kehadiran jaringan internet yang semakin meluas dan perkembangan tekologi yang pesat membawa perubahan pada pola konsumsi masyarakat. Perkembangan ini membuka peluang inovasi pada teknologi keuangan digital, seperti digital payment. Digital payment merupakan sebuah sistem pembayaran yang menawarkan ragam kemudahan pada masyarakat, terutama bagi generasi milenial dan generasi Z dimana generasi ini tumbuh di tengah perkembangan teknologi informasi. Kemudahan mendapatkan informasi dewasa kini diharapkan memudahkan generasi muda dalam mengakses dan memahami literasi keuangan syariah serta memiliki kontrol diri yang tinggi agar mampu merespon kemudahan yang ditawarkan digital payment dengan bijak. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan fakta empiris mengenai pengaruh digital payment dan literasi keuangan syariah terhadap perilaku konsumtif generasi milenial dan generasi Z di provinsi Banten dengan kontrol diri sebagai variabel moderasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan purposive sampling sebagai metode pengambilan sampel. Data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner dalam bentuk google form kepada 118 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah Regresi Linier Berganda dan Moderated Regression Analysis (MRA) dengan software SPSS IBM Statistics 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Digital Payment berpengaruh positif terhadap variabel Perilaku Konsumtif. Sedangkan variabel Literasi Keuangan Syariah tidak berpengaruh signifikan terhadap Variabel Perilaku Konsumtif. Kontrol Diri tidak memoderasi pengaruh Digital Payment terhadap perilaku konsumtif dan Kontrol Diri juga tidak memoderasi pengaruh Literasi Keuangan Syariah terhadap perilaku konsumtif. Kontribusi pengaruh variabel Digital Payment dan Literasi Keuangan Syariah terhadap variabel Perilaku Konsumtif setelah adanya varabel moderasi (Kontrol Diri) sebesar 14,5%., sisanya sebesar 85,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister)
Kata Kunci (keywords): digital payment, literasi keuangan syariah, perilaku konsumtif, kontrol diri, generasi Z
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi Keuangan
Divisi: Magister > Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: S.E. Amelia Nurazizah Wijaya
Tanggal Disetorkan: 17 Sep 2024 04:45
Perubahan Terakhir: 17 Sep 2024 04:45
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15254

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.