Analisis Framing Pemberitaan Media Tentang Capres (Studi Analisis Robert N. Entman Pada Metro TV)

Saripan, Muhamad (2024) Analisis Framing Pemberitaan Media Tentang Capres (Studi Analisis Robert N. Entman Pada Metro TV). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_KPI_201510086_COVER.pdf

Download (222kB)
[img] Teks
S_KPI_201510086_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (965kB)
[img] Teks
S_KPI_201510086_BAB I.pdf

Download (459kB)
[img] Teks
S_KPI_201510086_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (295kB)
[img] Teks
S_KPI_201510086_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (236kB)
[img] Teks
S_KPI_201510086_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img] Teks
S_KPI_201510086_BAB V.pdf

Download (88kB)
[img] Teks
S_KPI_201510086_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (230kB)

Abstrak

Pemberitaan media memiliki kemampuan untuk mempengaruhi persepsi publik terhadap tokoh-tokoh politik, terutama kandidat calon presiden (Capres). Untuk melihat sudut pandang dari penulis dan juga media, dibutuhkan analisis yang mengacu pada teks berita sehingga kemudian dapat diketahui latar belakang dari penulis dalam menuangkan ide menjadi bentuk teks berita yang nantinya khalayak sebagai pembaca ataupun penonton bisa lebih paham bagaimana penulis ataupun media dalam memframing berita. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana seleksi isu yang dilakukan oleh Metro TV dalam pemberitaannya tentang capres?, 2) Bagaimana penonjolan aspek yang dilakukan oleh Metro TV dalam pemberitaannya tentang capres?, Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui seleksi isu yang dilakukan oleh Metro TV dalam pemberitaannya tentang capres, 2) Untuk mengetahui penonjolan aspek yang dilakukan oleh Metro TV dalam pemberitaannya tentang capres. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan analisis Framing model Robert N. Entman, dalam analisis ini, Entman mengoperasionalkan empat konsep dasar sebagai perangkat framing yaitu: Define Problem, Dianose Causes, Make Moral Judgement, dan Treatment Recommendation, serta 2 dimensi besar yaitu seleksi isu dan penonjolan aspek, Teknik pengumpulan data yang digunakan diantaranya meliputi dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Seleksi isu yang dilakukan oleh Metro TV dalam tayangan pemberitaannya tentang capres yakni terdiri atas dua unsur kelayakan diantaranya bentuk aktifitas capres serta masalah yang ditimbulkan. Pada dimensi ini Metro TV menyeleksi pemberitaannya dengan memfokuskan kepada dua sosok capres yaitu Anies Baswedan dan Prabowo Subianto dalam hal ini mengurangi konten dari sosok Ganjar yang juga sebagai capres namun tidak dimuat dengan masif dalam pemberitaan Metro TV selama sepekan. Penonjolan aspek pada berita yang ditayangkan oleh Metro TV terkait pemberitaan capres merujuk pada dua aspek yang terdiri dari aspek narasi dan aspek aktor. Metro TV menonjolkan pada aspek narasi judul yang menyudutkan capres Prabowo Subianto dengan porsi yang mencolok daripada capres lainnya, dengan komposisi berita yang sama akan tetapi lebih banyak ditonjolkan pada aspek narasi dengan menyudutkan salah satu capres.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Framing, Pemberitaan Media, Capres
Subjek: 000 Ilmu komputer, pengetahuan & sistem > 070 Berita media, jurnalisme & penerbitan
100 Filsafat & Psikologi > 110 Metafisika > 111 Ontologi > 111.6 Terbatas dan Tak Terbatas > 000 Ilmu komputer, pengetahuan & sistem > 070 Berita media, jurnalisme & penerbitan
Divisi: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
User Penyetor: S.E. Amelia Nurazizah Wijaya
Tanggal Disetorkan: 12 Sep 2024 06:56
Perubahan Terakhir: 12 Sep 2024 06:56
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15211

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.