Representasi Sikap Optimisme Dalam Buku Tuhan, Beri Aku Alasan Untuk Tidak Menyerah.

Hafiroh, Hafiroh (2024) Representasi Sikap Optimisme Dalam Buku Tuhan, Beri Aku Alasan Untuk Tidak Menyerah. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_KPI_201510071_COVER.pdf

Download (223kB)
[img] Teks
S_KPI_201510071_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (834kB)
[img] Teks
S_KPI_201510071_BAB I.pdf

Download (344kB)
[img] Teks
S_KPI_201510071_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (462kB)
[img] Teks
S_KPI_201510071_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (308kB)
[img] Teks
S_KPI_201510071_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (515kB)
[img] Teks
S_KPI_201510071_BAB V.pdf

Download (189kB)
[img] Teks
S_KPI_201510071_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (317kB)

Abstrak

Kesuksesan orang yang optimis berasal dari pemikiran positif, usaha terus-menerus, dan kepercayaan diri untuk mengatasi situasi apa pun yang menghadangnya. Berpikir positif, pantang menyerah, dan rasa percaya diri muncul dari keyakinan akan kemampuan diri dalam mengatasi rintangan yang muncul. Oleh karena itu, orang yang optimis mengetahui kelemahan dan kelebihan dirinya serta mampu cepat bangkit ketika masalah muncul. Dengan optimisme maka masalah hidup dapat diubah menjadi titik kebangkitan untuk menjadi manusia yang lebih baik dari sebelumnya. Perumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apa bagaimana representasi sikap optimisme dalam buku Tuhan, Beri Aku Alasan Untuk Tidak Menyerah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana representasi sikap optimisme dalam buku Tuhan, Beri Aku Alasan Untuk Tidak Menyerah. Untuk itu dalam penelitian ini memilih buku Tuhan, Beri Aku Alasan Untuk Tidak Menyerah. Penelitian ini merupakan penelitian ini dengan menggunakan pendekatan kualitatif, adapun fokus penelitian ini pada representasi sikap optimisme dalam buku Tuhan, Beri Aku Alasan Untuk Tidak Menyerah. Teknik pengumpulan data dalam skripsi ini menggunakan metode studi kepustakaan dengan analisis data menggunakan analisis isi (Content Analisys). Dalam hal ini peneliti mengungkapkan representasi sikap optimisme dalam buku Tuhan, Beri Aku Alasan Untuk Tidak Menyerah. Hasil penelitian ini menunjukkan: representasi sikap optimisme yang terdapat dalam buku Tuhan, Beri Aku Alasan Untuk Tidak Menyerah (1) Selalu bersemangat berkaitan dengan bersemangat untuk bangkit dari kehidupan yang sulit dan semangat melangkah menuju mimpi atau hal-hal yang diinginkan. (2) Berpikir positif bahwa segala kesulitan dan ujian yang Allah berikan mempunyai hikmah dan pelajaran yang baik didalamnya, dan Allah memberikan ujian sesuai dengan kemampuan hambanya. (3) Berani berubah dengan berikhtiar untuk mendapatkan apapun yang manusia inginkan dalam hidup. (4) Menjaga sikap baik dengan kesabaran dalam menghadapi kesulitan dan istikamah dalam kebaikan. (5) Mengenal diri sendiri dengan cara introspeksi diri, mencari tahu apa saja kesalahan atau dosa yang dibuat sehingga Allah memberikan ujian atau kesulitan kepada hidup manusia. (6) Bersyukur dengan menerima segala ketetapan dan pertolongan Allah walaupun tidak sesuai dengan yang manusia inginkan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Representasi, Sikap Optimisme, Buku
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 158 Terapan Psikologi
Divisi: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
User Penyetor: S.E. Amelia Nurazizah Wijaya
Tanggal Disetorkan: 12 Sep 2024 04:14
Perubahan Terakhir: 12 Sep 2024 04:14
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15208

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.