Strategi Dakwah di Lingkungan Industri (Studi Kasus PT. Nikomas Gemilang)

Utami, Attinsya Ratri (2024) Strategi Dakwah di Lingkungan Industri (Studi Kasus PT. Nikomas Gemilang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_KPI_201510131_COVER.pdf

Download (115kB)
[img] Teks
S_KPI_201510131_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (525kB)
[img] Teks
S_KPI_201510131_BAB I.pdf

Download (259kB)
[img] Teks
S_KPI_201510131_BAB II.pdf

Download (419kB)
[img] Teks
S_KPI_201510131_BAB III.pdf

Download (178kB)
[img] Teks
S_KPI_201510131_BAB IV.pdf

Download (746kB)
[img] Teks
S_KPI_201510131_BAB V.pdf

Download (155kB)
[img] Teks
S_KPI_201510131_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (230kB)

Abstrak

Dalam situasi masyarakat masa kini yang mengikuti alur perkembangan dalam era globalisasi, maka masalah yang di hadapi oleh karyawan industri yaitu masuknya budaya barat yang kurang terseleksi dengan baik yang dapat mengubah sikap dan tingkah laku karyawan, sehingga karyawan mendapatkan perlakuan buruk dari sesama temannya. Dan adanya penyimpangan dalam hal pergaulan, dikarenakan jumlah karyawati lebih dominan di banding jumlah karyawan laki laki, sehingga tidak jarang karyawati Nikomas sering mendapatkan penularan lesbian atau seorang perempuan yang suka sesama perempuan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana strategi dakwah di lingkungan industri PT. Nikomas Gemilang dan Apa saja faktor pendukung dan penghambat dakwah di lingkungan Industri PT. Nikomas Gemilang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif artinya data yang dikumpulkan tidaklah berupa angka tetapi berupa kata-kata yang disusun dengan sistematis lewat wawancara secara mendalam terhadap temuan yang terjadi di lapangan. Serta menggunakan teori Konstruksi Sosial atas Realitas (Social Construction of Reality Theory) dari Berger dan Luckman. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi dakwah yang di terapkan di lingkungan industri PT. Nikomas Gemilang adalah dengan mengagendakan kajian rutin mingguan dan bulanan di tiap malam sepulang mereka dari kerja, menyelenggarakan PHBI (Peringatan Hari Besar Islam) sesuai pada kalender pemerintah yang diberlakukan libur massal untuk segenap karyawan dan pergerakan dakwah yang terorganisir. Adapun faktor yang menjadi pendukung suksesnya dakwah di lingkungan industri adalah pemateri keagamaan yang profesional, tempat peribadahan yang cukup memadai dan adanya dukungan dari fihak perusahaan dan seluruh karyawan yang berperan aktif dalam kegiatan keagamaan. Sedangkan faktor penghambatnya adalah sering putusnya regenerasi kepengurusan dan di tambahkan lagi dengan faktor kelelahan fisik yang di hadapi oleh karyawan Nikomas yang dapat mempengaruhi konsistensi mereka dalam berkegiatan keagamaan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Dakwah dan Industri
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.2 Da’wah Islam
Divisi: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
User Penyetor: S.E. Amelia Nurazizah Wijaya
Tanggal Disetorkan: 11 Sep 2024 08:06
Perubahan Terakhir: 11 Sep 2024 08:06
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15204

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.