Sari, Putri Kartika (2024) Peran Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kota Cilegon Dalam Pelayanan Informasi Publik. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_KPI_201510013_COVER.pdf Download (59kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_KPI_201510013_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (734kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_KPI_201510013_BAB I.pdf Download (321kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_KPI_201510013_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (346kB) |
||
Teks
S_KPI_201510013_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (303kB) |
||
Teks
S_KPI_201510013_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (573kB) |
||
|
Teks
S_KPI_201510013_BAB V.pdf Download (185kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_KPI_201510013_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (382kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik, semua badan publik harus memiliki Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID). Peran PPID sangat penting dalam memberikan layanan informasi dan memberikan informasi kepada masyarakat. Salah satu cara pemerintah dapat membuat masyarakat informatif adalah dengan memberikan informasi kepada publik. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) bagaimana peran PPID Kota Cilegon dalam pelayanan informasi publik? 2) Bagaimana kendala pelayanan informasi publik di PPID Kota Cilegon? 3) bagaimana uapaya PPID Kota Cilegon dalam meningkatkan pelayanan informasi publik?. Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui peran PPID Kota Cilegon dalam pelayanan informasi publik. 2) untuk mengetahui kendala dalam pelayanan informasi publik di PPID Kota Cilegon. 3) untuk mengetahui upaya PPID Kota Cilegon dalam meningkatkan pelayanan infromasi publik. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif yang digunakan untuk mendapatkan gambaran dari permasalahan dengan menggunakan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah; observasi, wawancara, dokumentasi dan analisis data. Penelitian dilaksanakan pada November 2023 hingga April 2024, dengan jumlah responden dalam penelitian ini adalah 3 orang pegawai PPID Kota Cilegon dan 3 orang masyarakat pemohon informasi. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan: 1) Dinas Kominfo, Sandi dan Statitik Kota Cilegon selaku Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kota Cilegon telah melaksanakan pertanggungjawaban tugas serta wewenang dengan menyediakan berbagai sarana untuk memberikan pelayanan informasi sesuai Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik Nomor 14 Tahun 2008. 2) Adapun kendala yang terjadi dalam proses pelayanan publik, masyarakat selaku pemohon informasi masih merasakan keterlambatan waktu penanganan, serta respon yang diberikan oleh PPID Kota Cilegon masih ada yang memberikan respon yang tidak sesuai dengan informasi yang dimohonkan. Keterlambatan dan respon yang tidak sesuai ini terjadi karena kurangnya koordinasi antar OPD dalam kerjasama memberikan informasi publik. 3) Upaya yang dapat dilakukan PPID Kota Cilegon dalam meningkatkan pelayanan informasi publik yakni dengan melaksanaan sosialisasi mengenai keterbukaan informasi sebagai implementasi Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Keterbukaan, Informasi, Pelayanan, Publik, PPID |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 350 Administrasi publik & ilmu militer > 352 Umum pertimbangan administrasi publik > 352.6 Personalia Administrasi Negara |
Divisi: | Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
User Penyetor: | S.E. Amelia Nurazizah Wijaya |
Tanggal Disetorkan: | 10 Sep 2024 07:47 |
Perubahan Terakhir: | 10 Sep 2024 07:47 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15192 |
Actions (login required)
Lihat Item |