Analisis Program Siaran Tapal Batas di LPP TVRI Jakarta

Abdillah Savio, Akhyar Mudzaffar (2024) Analisis Program Siaran Tapal Batas di LPP TVRI Jakarta. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_KPI_201510008_COVER.pdf

Download (309kB)
[img] Teks
S_KPI_201510008_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (722kB)
[img] Teks
S_KPI_201510008_BAB I.pdf

Download (334kB)
[img] Teks
S_KPI_201510008_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (487kB)
[img] Teks
S_KPI_201510008_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (297kB)
[img] Teks
S_KPI_201510008_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img] Teks
S_KPI_201510008_BAB V.pdf

Download (213kB)
[img] Teks
S_KPI_201510008_DAFTRA PUSTAKA.pdf

Download (251kB)

Abstrak

Hambatan dan tantangan pada pra produksi, produksi, dan pasca produksi program siaran Tapal Batas episode Menanti Cahaya di Pulau Timor mengidentifikasi akar masalah tentang persiapan lokasi shooting yang sering menjadi kendala dikarenakan keterbatasan sumber daya di daerah 3T, tantangan teknis seperti alat dan kelengkapan harus melewati shoot beberapa kali dikarenakan terdapat noise, dan pada proses pasca produksi penyuntingan terjadi revisi berulang kali yang harus disesuaikan dengan kondisi lapangan yang sesungguhnya. Penelitian ini berfokus pada analisis program siaran Tapal Batas di LPP TVRI Jakarta. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana tahapan pra produksi, produksi, dan pasca produksi dari analisis program siaran Tapal Batas?, 2) Bagaimana hambatan dan tantangan pada proses pra produksi, produksi, dan pasca produksi dari program siaran Tapal Batas episode Menanti Cahaya di Pulau Timor? Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif. Pendekatan ini membantu peneliti dalam mendapatkan hasil yang maksimal, sebab peneliti mendapatkan hasil untuk terjun ke kantor TVRI divisi Current Affairs untuk mendapatkan data yang konkrit beserta wawancara. Penelitian ini menggunakan teori semiotika Ferdinand De Saussure tentang hubungan antar tanda signifiant dan signifie yang membantu penulis untuk menjelaskan tahapan-tahapan pra produksi, produksi, dan pasca produksi pada program siaran Tapal Batas. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, peneliti menyimpulkan sebagai berikut: 1) Program siaran Tapal Batas melakukan tiga tahapan dalam proses pembuatan program siaran, yaitu pra produksi, produksi, dan pasca produksi, 2) program siaran Tapal Batas pada Episode Menanti Cahaya di Pulau Timor menghadapi hambatan dan tantangan yang kompleks. Keberhasilan program bergantung pada perencanaan yang matang, serta kemampuan adaptasi terhadap kondisi lapangan yang sulit. Meskipun demikian, upaya kolaboratif dan pemanfaatan yang tepat dapat menghasilkan program yang informatif.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Analisis, Program Siaran, Tapal Batas, LPP TVRI
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 302 Interaksi sosial
Divisi: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
User Penyetor: S.E. Amelia Nurazizah Wijaya
Tanggal Disetorkan: 10 Sep 2024 07:17
Perubahan Terakhir: 10 Sep 2024 07:17
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15186

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.