Kegiatan Publikasi Kementerian Agama Republik Indonesia Melalui Instagram @kemenag_r

Zakaria, Yahya (2024) Kegiatan Publikasi Kementerian Agama Republik Indonesia Melalui Instagram @kemenag_r. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_KPI_201510009_COVER.pdf

Download (254kB)
[img] Teks
S_KPI_201510009_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (591kB)
[img] Teks
S_KPI_201510009_BAB I.pdf

Download (519kB)
[img] Teks
S_KPI_201510009_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (575kB)
[img] Teks
S_KPI_201510009_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (298kB)
[img] Teks
S_KPI_201510009_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img] Teks
S_KPI_201510009_BAB V.pdf

Download (249kB)
[img] Teks
S_KPI_201510009_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (293kB)

Abstrak

Perkembangan teknologi dan informasi di era sekarang sudah semakin berkembang dan maju, kehidupan di era sekarang tidak terlepas dari sentuhan media sosial. Hampir semua aktivitas manusia saat ini menggunakan media sosial, tentunya dengan kemajuan teknologi dan informasi tersebut dapat dijadikan pemanfaatan media sosial dalam berbagai bidangnya. Salah satunya dalam bidang kehumasan, para praktisi humas bisa memanfaatkan media sosial dalam menunjang perannya untuk meningkatkan perannya cutra intansi atau perusahaan. Untuk mendapatkan data temuan ini, maka peneliti melakukan pengumpulan data dengan wawancara Humas Kementerian Agama Republik Indonesia, observasi mengenai kinerja dan juga media yang digunakan Humas Kementerian Agama dan dokumentasi proses wawancara maupun arsip kegiatan Humas Kementerian Agama Republik Indonesia dalam meningkatkan keterbukaan informasi publik. Dalam bagian ini, peneliti akan menjabarkan hasil temuan penelitian yang sudah dilakukan. Dengan tiga informan yang sesuai dengan pembahasan dan judul penelitian. Pertama Unsur pimpinan pengelolaan media sosial bagian Humas Kementerian Agama Republik Indonesia, Kedua Pengelola atau admin media sosial instagram @kemenag_ri, dan Pembuat konten untuk media sosial Kementerian Agama Republik Indonesia. Peneliti melakukan wawancara dengan informan terkait. Dari teknik pengumpulan data tersebut peneliti mengklasifikasikan kedalam tiga kajian yaitu, Isi Pesan di Media Sosial Instagram Kementerian Agama Republik Indonesia, Jenis Informasi yang di Publikasi melalui Instagram Kementerian Agama Republik Indonesia dan Faktor Penghambat dalam Publikasi melalui Instagram Kementerian Agama Republik Indonesia. Tujuan dari penelitian ini menjelaskan bagaimana kaitannya dengan teori media baru. New media banyak menekankan bagaimana konstruksi sosial media memberikan kontribusi terhadap kehidupan manusia secara menyeluruh. Kehidupan cyber menggambarkan bahwa manusia memiliki kehidupan baru diatas kehidupan nyata yang mereka jalani. Keunggulan penggunaan media sosial sebagai sumber informasi publik di era digital saat ini adalah daya tarik di kalangan anak muda yang mendominasi pengguna media baru ini di Indonesia. Pada penelitian ini, penulis menggunakan teori New Media yang dikembangkan oleh Pierre Levy. Teori ini menjelaskan tentang perkembangan media dimana New Media adalah media online yang berbasis teknologi, bersifat fleksibel serta interaktif, berfungsi secara publik maupun privat dengan menggunakan internet. New Media merupakan alat komunikasi yang digunakan untuk bertukar informasi, berinteraksi, berpendapat, memperoleh berita melalui jaringan internet dengan informasi terbaru yang didapatkan secara cepat dan efisien yang diinformasikan kepada khalayak.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): nstagram, Media Baru, Media Sosial, Publikasi
Subjek: 000 Ilmu komputer, pengetahuan & sistem > 070 Berita media, jurnalisme & penerbitan
100 Filsafat & Psikologi > 110 Metafisika > 111 Ontologi > 111.6 Terbatas dan Tak Terbatas > 000 Ilmu komputer, pengetahuan & sistem > 070 Berita media, jurnalisme & penerbitan
Divisi: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
User Penyetor: S.E. Amelia Nurazizah Wijaya
Tanggal Disetorkan: 09 Sep 2024 08:02
Perubahan Terakhir: 09 Sep 2024 08:02
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15175

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.