Penggunaan Teknik Pembelajaran Cerita Bergambar Melalui Media SCRATCH Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca (Studi Eksperimen Dikelas 9 MTs. Al Khairiyah Macute Mancak Serang Banten)

Tsamrotuddiniyah, Tsamrotuddiniyah (2024) Penggunaan Teknik Pembelajaran Cerita Bergambar Melalui Media SCRATCH Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca (Studi Eksperimen Dikelas 9 MTs. Al Khairiyah Macute Mancak Serang Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PBA_201220067_Cover.pdf

Download (201kB)
[img] Teks
S_PBA_201220067_Lampiran Depan.pdf

Download (805kB)
[img] Teks
S_PBA_201220067_BAB I.pdf

Download (272kB)
[img] Teks
S_PBA_201220067_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (412kB)
[img] Teks
S_PBA_201220067_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (317kB)
[img] Teks
S_PBA_201220067_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (493kB)
[img] Teks
S_PBA_201220067_BAB V.pdf

Download (148kB)
[img] Teks
S_PBA_201220067_Daftar Pustaka.pdf

Download (204kB)

Abstrak

Tujuan pada penelitian ini untuk mengetahui efektivitas penggunaan teknik pembelajaran ceritabergambar melalui media SCRATCH untuk meningkatkan keterampilan membaca dikelas 9 MTs. Al-Khairiyah Macute Mancak Serang Banten. Jenis penelitian ini termasuk kedalam penelitian eksperimen. Peneliti memilih Metode Eksperimen dengan desain pre-Experimental design. Populasi pada penelitian ini yaitu Seluruh siswa dikelas 9 MTs. Al-Khairiyah Macute Mancak Serang Banten yang berjumlah 20 orang. Adapun sampel dalam penelitian ini, peneliti menggunakan sampel jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu peneliti menggunakan Teknik Observasi, Quisioner (Angket) dan Tes. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah berdasarkan hasil uji Normalitas memiliki nilai signifikansi Pre-Test Kelas Kontrol 0,123 dan nilai signifikasi Post-Test kelas Eksperimen 0,285. Dari data tersebut berdistribusi normal karena nilai signifikasi lebih besar dari pada alpha. Adapun hasil uji instumen penelitian menggunakan uji validitas, dikatakan bahwa hasil dari penyebaran angket yang peneliti lakukan dikatakan Valid, karena Nilai Signifikasi Lebih kecil dari nilai Alpha. Sedangkan, Uji reabilitas dikatakan Reliabel karena nilai Cronbath alpha lebih besar dari nilai alpha yaitu 0, 917 ˃ 0,05. Pada uji Statistik menggunakan Uji Paired Sampel T-Test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,001 nilai tersebut lebih kecil daripada alpha 0,05. Maka kesimpulannya (Ho) ditolak artinya terdapat pengaruh yang signifikasi antara penggunaan media SCRATCH dalam kemampuan membaca.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Media SCRATCH, Keterampilan Membaca Media SCRATCH, Keterampilan Membaca Media SCRATCH, Keterampilan Membaca
Subjek: 400 Bahasa > 407 Pendidikan, penelitian & topik terkait
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 09 Sep 2024 03:41
Perubahan Terakhir: 09 Sep 2024 03:41
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15160

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.