Penggunaan Paylater dan Mobile Banking Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa (Studi pada Mahasiswa Perguruan Tinggi di Kabupaten/Kota Serang)

Rochmah, Sephia (2024) Penggunaan Paylater dan Mobile Banking Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa (Studi pada Mahasiswa Perguruan Tinggi di Kabupaten/Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PBS_201420170_Cover.pdf

Download (48kB)
[img] Teks
S_PBS_201420170_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_PBS_201420170_Bab I.pdf

Download (224kB)
[img] Teks
S_PBS_201420170_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (350kB)
[img] Teks
S_PBS_201420170_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (274kB)
[img] Teks
S_PBS_201420170_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (287kB)
[img] Teks
S_PBS_201420170_Bab V.pdf

Download (87kB)
[img] Teks
S_PBS_201420170_Daftar Pustaka.pdf

Download (155kB)

Abstrak

Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa dari perguruan tinggi yang berada di kabupaten/kota Serang selama bulan Maret sampai Mei tahun 2024. Variabel yang diteliti yaitu paylater (X1), mobile banking (X2), dan perilaku konsumtif (Y). Adapun perumusan masalah dalam penelitian ini yaitu 1). Apakah penggunaan paylater berpengaruh terhadap perilaku konsumtif mahasiswa pada perguruan tinggi di kabupaten/kota Serang?. 2). Apakah penggunaan mobile banking berpengaruh terhadap perilaku konsumtif mahasiswa pada perguruan tinggi di kabupaten/kota Serang?. 3). Apakah penggunaan paylater dan mobile banking berpengaruh terhadap perilaku konsumtif mahasiswa pada perguruan tinggi di kabupaten/kota Serang? Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu 1). Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh penggunaan paylater terhadap perilaku konsumtif mahasiswa perguruan tinggi di kabupaten/kota Serang. 2). Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh penggunaan mobile banking terhadap perilaku konsumtif mahasiswa pada perguruan tinggi di kabupaten/kota Serang. 3). Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh penggunaan paylater dan mobile banking terhadap perilaku konsumtif mahasiswa perguruan tinggi di kabupaten/kota Serang?. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linear berganda, dengan uji kualitas data termasuk uji validitas, dan reliabilitas. Serta uji asumsi klasik seperti uji normalitas, multikolinearitas, dan heteroskedasitas. Selain itu, juga dilakukan uji hipotesis termasuk uji t (parsial), uji F (simultan), koefisien korelasi (R), dan koefisien determinasi (R²). Kesimpulannya pengujian hipotesis paylater diketahui nilai thitung > ttabel (9,470 > 1,966) dengan demikian maka paylater berpengaruh terhadap perilaku konsumtif mahasiswa pada perguruan tinggi di kabupaten/kota Serang. Mobile banking diketahui nilai thitung < ttabel (0,335 < 1,986) dengan demikian mobile banking tidak berpengaruh terhadap perilaku konsumtif mahasiswa pada perguruan tinggi di kabupaten/kota Serang. Setelah dilakukan analisis secara statistik diketahui bahwa persamaan regresi linear berganda Y = 7,777 + 0,442X1+ 0,024X2 + ɛt. Nilai r sebesar 0,481 artinya ada hubungan yang sedang antara paylater dan mobile banking terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. Nilai R² yaitu 2,27% hal ini berarti perilaku konsumtif dipengaruhi oleh paylater dan mobile banking sebesar 2,27% dan sisanya 97,75% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Paylater, Mobile Banking, Perilaku Konsumtif, Mahasiswa
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi Keuangan > 332.1 Bank, Perbankan
Divisi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 06 Sep 2024 07:48
Perubahan Terakhir: 06 Sep 2024 07:48
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15140

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.